Pilpres 2014 Isu Politik Terhangat di Indonesia


Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 diperkirakan digelar Juni 2014. Tak pelak bursa calon presiden pun terus menyeruak menjadi isu politik terhangat di Indonesia. Beberapa lembaga survei merilis elektabilitas tokoh-tokoh yang dinilai layak nyapres.

Isu Politik Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan tak akan maju lagi. Undang-undang mengatur posisi presiden paling lama dijabat dua periode berturut-turut. Hal itu, membuat kesempatan lebih terbuka bagi para calon lain untuk memperebutkan kursi presiden.

Dari kalangan partai politik (parpol) muncul nama Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Golkar, Hatta Rajasa, Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Prabowo Subianto dari Partai Gerindra, Wiranto Ketua Umum Partai Hanura, dan Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem.

Banyaknya kandidat pada pemilihan presiden langsung ketiga di Indonesia ini akan membuat pesta demokrasi makin ramai. Rakyat pun mendapat lebih banyak pilihan.

Calon kandidat lain yang sempat mencuat di media massa adalah Endriartono Sutarto-mantan panglima TNI, Megawati Sukarnoputri-mantan presiden, Jusuf Kalla-mantan wakil presiden, Ani Yudhoyono-ibu Negara Indonesia, Mohammad Mahfud-mantan ketua mahkamah konstitusi, Sri Mulyani Indrawati-direktur pelaksana bank dunia.

Selanjutnya ada nama Dahlan Iskan-menteri badan usaha milik negara, Pramono Edhie Wibowo-panglima angkatan darat, Sutiyoso-mantan gubernur DKI Jakarta, Anas Urbaningrum-mantan ketua umum partai demokrat, Djoko Suyanto-menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Anies Baswedan-rektor universitas paramadina, dan Irman Gusman-ketua dewan perwakilan daerah.

Selain itu raja dangdut Rhoma Irama, Farhat Abbas-pengacara, Emirsyah Satar-direktur utama garuda indonesia, Agus Martowardojo-gubernur BI, Tukul Arwana, Iwan Fals, Isran Noor-bupati Kutai Timur, Rizal Ramli-ahli ekonomi dan politisi Indonesia, Gita Wirjawan-menteri perdagangan, Joko Widodo-gubernur DKI Jakarta. Bahkan Gencar juga diberitakan Eyang Subur akan turut meramaikan bursa kandidat calon Presiden 2014.

Belakangan nama Joko Widodo terus melejit sebagai kandidat calon kuat. Gubernur DKI Jakarta itu elektabilitasnya terus meningkat di berbagai survei. Namun Jokowi di beberapa kesempatan terus menegaskan tidak akan maju. Ia akan fokus terlebih dahulu menata Jakarta. Menghantarkannya menuju Jakarta baru.

Diharapkan isu politik terhangat di Indonesia ini bisa membawa pada pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang aman dan siapapun yang terpilih mampu mensejahterakan rakyat Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Memainkan Keyboard Kunci dan Not
Sebelumnya: Tata Cara Melakukan Mandi Taubat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar