Mencari Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan berarti kreditur dapat meminjam sejumlah dana tanpa menyertakan aset kita sebagai jaminan, hingga dana pinjaman tersebut lunas kita bayar. Pinjaman tanpa agunan biasanya memiliki batas kredit yang lebih rendah, bunga lebih tinggi serta waktu pengembaliannya terbatas. Contoh, kredit tanpa agunan adalah aneka kredit peralatan elektronik, furniture, dana belanja via kartu kredit dan masih banyak lagi.

Mana yang Lebih Baik

Kita mengatahui bahwa meminjam pada suatu badan resmi, akan lebih mudah jika kita menyertakan jaminan. Sayangnya cara ini kurang menarik nasabah, hingga kemudian muncul istilah pinjaman tanpa agunan.

Lalu, manakah yang lebih baik, pinjaman tanpa agunan atau pinjaman dengan agunan? Apapun itu, sesungguhnya semua tergantung dari kebutuhan Anda. Perlu diingat, bahwa pinjaman dengan agunan biasanya memberikan limit pinjaman yang lebih tinggi jika dibanding dengan pinjaman tanpa agunan. Bunga yang ditetapkan pun juga tidak setinggi bila Anda mengajukan pinjaman tanpa agunan. Waktu pengembalian yang ditetapkan pun juga lebih lama.

Hanya saja, bila Anda lewat batas tenggat pembayaran, maka aset yang Anda jaminkan tentu saja akan hilang. Pihak peminjam biasanya kemudian melakukan lelang atas aset tersebut. Bila kemudian aset yang Anda jaminkan tidak dapat menutupi kekurangan pinjaman, maka Anda tetap harus membayar kekurangannya.

Pinjaman tanpa agunan memang lebih cepat dan lebih mudah cair. Meski begitu tetap saja ada konsekuensi yang harus Anda terima, bila memilih pinjaman jenis ini. Limit yang ditawarkan biasanya sangat terbatas dan dengan ketentuan yang begitu banyak. Sebagai contoh bentuk pinjaman ini adalah kartu kredit.

Coba Anda perhatikan, berapa bunga yang mereka tetapkan untuk naabah mereka. Bila terjadi gagal bayar biasanya pihak peminjam dapat langsung melapor ke Bank Indonesia dan melaporkan identitas Anda sebagai peminjam yang gagal.

Cara Mengajukan Pinjaman

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa pinjaman tanpa agunan tentulah memiliki syarat yang lebih banyak dibanding pinjaman dengan aset. Karena memiliki ciri dan karakteritik yang berbeda, maka bila ingin mengajukan pinjaman, lihat kembali apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Bila Anda menginginkan sebuah rumah, tentunya pinjaman jangka panjang adalah yang paling tepat untuk Anda. Berbeda halnya jika Anda hendak membeli produk elektronik, maka pinjaman tanpa agunan tentulah lebih tepat bagi Anda.

Pinjaman, sebetulnya adalah sesuatu yang bagaimanapun harus kita kembalikan. Untuk itu, mengetahui seberapa penting pinjaman yang kita ajukan , merupakan sebuah tindakan yang sangat bijak. Nah, sekarang, apakah Anda masih menginginkan mencoba pinjaman tanpa agunan? Silahkan kontak bank tempat Anda terdaftar sebagai nasabah.

Loading...
Selanjutnya : Cermat Memilih Vitamin yang Bagus Buat Ayam Petelur
Sebelumnya: Tempat Belanja Murah Di Jakarta Pusat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar