Pola Hidup Sehat Cara Nabi


Pola hidup sehat kini sudah mulai menjadi gaya hidup sebagian masyarkat Indonesia. Sebagai umat Islam, kita sudah seharusnya mengikuti cara hidup sehat Nabi Muhammad saw. Nah, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Pola Makan Sehat Rasul

Nabi Muhammad saw telah mencontohkan seperti apa pola makan yang baik, misalnya saat makan daging onta atau domba, Rasul psti memilih mengonsumsi bagian paha. Alasannya, bagian paha hewan mengandung sedikit lemak karena bagian ini selalu bergerak aktif. Jadi, bagian inilah yang dibutuhkan manusia sebab mengandung protein cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya saat makan daging hewan, pilihlah bagian pahanya.

Pola makan sehat ala Nabi selanjutnya adalah menjauhi dua jenis makanan yang saling berlawanan. Dalam hal ini, Nabi Muhammad saw tak pernah mengonsumsi makanan sari laut dengan kandungan ion negatif dan makanan darat dengan kandungan ion positif secara bersamaan. Misalnya, tidak mengonsumsi susu dan ikan bersamaan, ikan dan daging, telur dan ikan, buah dan susu, dll.

Mengapa mengonsumsi dua jenis makanan tersebut dilarang? Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi dua jenis makanan yang berlawanan tersebut bisa mengakibatkan metabolisme tubuh melakukan proses negatif dan dampaknya terhadap kesehatan baru akan terasa sesudah 10 sampai 15 tahun berlalu.

Pola Hidup Sehat Rasul

Selain mencontohkan pola makan sehat, Nabi Muhammad saw pun memberi contoh bagaimana menjalankan hidup yang sehat sesuai syariat.Nabi Muhammad saw selalu membiasakan bangun dini hari dan kemudian melakukan shalat malam pukul 02.00 hingga Subuh.

Apa manfaatnya bangun dini hari? Oksigen yang ada pada waktu dini hari ternyata masih sangat segar, sebab Allah Swt sudah mengganti seluruh oksigen yang sudah kotor dengan mengangkatnya ke langit dan mengganti dengan oksigen yang masih bersih. Kebiasaan bangun dini hari pun baik sekali untuk kesehatan otak seperti mudah menghafal Al Quran.

pola hidup yang sehat selanjutnya adalah membiasakan untuk sering-sering berjalan kaki. Inilah salah satu cara hidup sehat yang disukai oleh Rasul. Manfaat berjalan kaki yaitu mampu melancarkan peredaran darah karena pori-pori kulit menjadi melebar, sehingga menyebabkan sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Cara hidup sehat yang tak kalah pentingnya adalah berpuasa. Ada banyak manfaat saat seseorang sering melaksanakan ibadah puasa, baik itu puasa Ramadhan ataupun puasa sunnah lainnya. Salah satu manfaat dari puasa adalah memberi kesempatan pada sistem pencernaan untuk beristirahat.

Nah, itulah beberapa pola hidup sehat ala Nabi Muhammad saw yang sangat dianjurkan kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Dahsyatnya Kebakaran Hutan di Kalimantan Barat
Sebelumnya: Rahasia Puasa untuk Jiwa dan Raga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar