Pola Terjadinya Angin Barat dan Angin Timur


Sebelum kita membahas mengenai pola terjadinya angin barat, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu latar belakang yang menyebabkan terjadinya angin barat. Seperti kita ketahui bahwa secara astronomi, Indonesia terletak pada 6O Lintang Utara – 11O LS dan 95O Bujur Timur – 141O Bujur Timur. Sedangkan menurut letak geografisnya, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Akibat letak posisi astronomis dan geografis tersebut, maka Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kedua musim tersebut sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Angin muson atau disebut juga angin monsun merupakan angin yang bertiup dan berganti arah setiap enam bulan sekali sebagai akibat adanya perbedaan tekanan udara di benua Asia dengan Australia yang bersifat basah sehingga menyebabkan terjadinya musim hujan dan bersifat kering sehingga menyebabkan terjadinya musim kemarau. Angin muson dibedakan menjadi dua, yaitu angin muson barat dan angin muson timur.

1.  Angin-angin Barat

Merupakan angin yang bertiup dari bulan Oktober sampai dengan Maret dimana matahari seolah-olah berada di belahan bumi selatan. Hal tersebut menyebabkan tekanan udara di benua Asia menjadi maksimum sedangkan di benua Australia menjadi minimum, akibatnya angin akan bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Angin yang melewati samudera Hindia tersebut mengandung banyak uap air, sehingga pada periode bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan.

2.  Angin-angin Timur

Merupakan angin yang bertiup dari bulan April sampai dengan bulan September, dimana kedudukan matahari seolah-olah berada di belahan bumi utara. Akibatnya benua Asia bertekanan udara minimum sedangkan benua Australia bertekanan maksimum, sehingga udara bertiup dari benua Australia menuju benua Asia. Karena udara yang bertiup bersifat kering, maka Indonesia mengalami musim kemarau.

Demikian penjelasan pola terjadinya angin barat dan angin timur. Dengan pengenalan mengenai pola angin barat dan angin timur, kita bisa mempelajari lebih detail dan rinci alasan terjadinya musim penghujan dan musim kemarau di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Hubungan Politik Organisasi dengan Kinerja Karyawan dan Perusahaan
Sebelumnya: Manfaat Pohon Bunga Tanjung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar