Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya


Sepak bola merupakan olahraga akbar yang banyak sekali pendukungnya. Di Indonesia sendiri, begitu perhelatan digelar, sporter fanatik dari dua kubu yang sedang bertanding siap melakukan apa saja demi membela tim favoritnya.  Kali ini kita akan membahas tentang posisi pemain sepak bola dan tugasnya masing-masing.

Permainan si kulit bundar di lapangan memang sangat seru. Bisa dibayangkan, satu bola diperebutkan oleh sebelas pemain di tengah lapangan yang cukup luas tersebut. Rupanya inilah yang membuat sepak bola menjadi olahraga yang selalu dipadati penonton.

Dari kesebelas pemain yang berebut si kulit bundar, sebenarnya tugas dan posisi mereka apa saja? Bagi Anda yang belum memahaminya, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Dari segi posisi, lapangan sepak bola terbagi menjadi tiga area. Yakni garis depan, garis tengah, dan garis belakang. Di ketiga garis itulah kesebelas pemain dibagi posisinya.

• Goal Keeper (Penjaga Gawang)

Posisinya berada di garis belakang dan tugasnya adalah menjaga gawang agar tidak sampai kemasukan.

• Center Back (Bek)

Berada di garis belakang, persisinya di depannya kiper. Formasinya bisa dua atau tiga orang, tergantung dari strategi yang diterapkan.

• Wing Back (Bek Sayap)

Posisinya di garis belakang. Tepatnya di bagian kanan dan kiri lapangan. Tugas pemain di posisi ini adalah membantu penyerangan melalui sayap. Namun mereka harus secepatnya kembali menempati posisinya semula bila lawan menyerang balik.

• Defensive Midfielder (Gelandang Bertahan)

Posisinya terletak antara garis tengah dan garis belakang dan sebagai penyeimbang antara lini pertahanan dan lini penyerangan.

• Central Midfielder (Pemain Tengah)

Posisinya berada di garis tengah. Pemain yang menempati posisi ini bisa dua atau tiga orang sesuai dengan strategi yang dijalankan tim.

• Winger (Pemain Sayap)

Berada di bagian kanan dan kiri lapangan dan berperan sebagaimana Bek Sayap pada garis tengah.

• Attacking Midfielder (Gelandang Serang)

Posisinya berada antara garis depan dan garis tengah.  Tugas pemain di sini adalah untuk memberi umpan pada striker dan mendukung pemain di garis tengah.

• Striker (Penyerang)

Posisinya di garis depan dan tugasnya untuk mencetak gol.

Itulah penjelasan mengenai posisi pemain sepak bola dan tugasnya masing-masing. Semoga berguna.

Selanjutnya : Fotografer yang Baik
Sebelumnya: Hukum Talak dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar