Poster Tema Pendidikan

Poster tema pendidikan berasal dari dua kata, yaitu poster dan pendidikan. Poster adalah lembaran kertas yang berisi kata-kata yang singkat, padat, dan jelas yang berukuran besar, kemudian disertai gambar atau desain. Poster juga biasanya menggunakan permainan warna dan penuh dengan kalimat persuasi atau memotivasi, sehingga bertujuan untuk mengajak orang yang membaca untuk melakukan sesuatu setelah membaca poster yang tertempel di dinding sekolah yang cukup besar dengan sajian dan desain yang sangat menarik.

Poster menjadi salah satu media komunikasi visual yang dapat dinilai efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat karena menggunakan bahasa yang ringkas, komunikatif, dan persuasif serta dapat mengajak orang untuk berpikir, lalu bertindak.

Loading...

Jenis Poster

Ada beberapa jenis poster yang sering kita jumpai, di antaranya sebagai berikut.

1. Poster pendidikan

Poster untuk pendidikan adalah poster yang dibuat untuk tujuan mendidik. Semua konsep kata-kata dan desain gambar haruslah bernilai pendidikan karena hal ini akan memengaruhi pikiran maupun tindakan seseorang. Poster pendidikan tidak hanya harus ditempel di sekolah, bisa juga ditempel di jalan ataupun di tempat umum lainnya. Mengapa demikian? Karena poster tema pendidikan bisa masuk kategori poster yang bersifat umum-khusus, jadi bisa masuk ke semua kalangan masyarakat yang heterogen sekalipun.

Lalu, bagaimana cara membuat poster tema pendidikan? Ada dua hal, yaitu menentukan isi poster yang akan dibuat. Misalnya: “Indonesia Peduli Pendidikan Anak, Tuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun.” Setelah menentukan isi poster dan kata-kata yang menarik, sekarang membuat desain seperti gambar sekolahan atau buku untuk menegaskan hal tersebut. Gambar dan teknik pewarnaan akan sangat menunjang sebuah poster. Contoh lain adalah: “Rajin Membaca Berarti Selangkah untuk Menggenggam Dunia”.

Intinya, kata-kata dalam sebuah poster haruslah menarik, mengandung unsur persuasi dan motivasi. Kemudian untuk memperoleh desain gambar yang sesuai dan bagus, Anda dapat menggunakan aplikasi design grafis seperti Adobe Photosop, CorelDraw, dan lain-lain.

2. Poster lingkungan

Poster lingkungan adalah poster yang berisi tentang lingkungan dan biasanya ditempatkan di tempat-tempat umum yang mudah dilalui, sehingga mudah dibaca dan juga ditemukan orang. Misalnya: “Stop Global Warming and Save Our world” atau
“Jaga Lingkungan Kita Sebagai Harta Masa Depan”.

3. Poster Kesehatan

Poster kesehatan biasanya berisi tentang kata-kata yang berkaitan erat dengan kesehatan. Sehingga, sebagian besar poster kesehatan ditempelkan di tempat-tempat umum tertentu seperti balai kesehatan, rumah sakit, puskesmas, dan lain-lain.

Nah itulah beberapa jenis poster yang sering Anda temui. Jika ditilik lebih lanjut, sebenarnya semua jenis poster mengandung unsur pendidikan. Jadi, secara umum sebenarnya bisa saja jenis-jenis poster di atas termasuk ke dalam poster tema pendidikan.

 

Loading...
Selanjutnya : Contoh Mukjizat 25 Nabi
Sebelumnya: Materi PPT Pemerintah Demokrasi Liberal di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar