Power Monitor Komputer Nyala tapi Tidak Ada Gambar


Power monitor komputer nyala tapi tidak ada gambar dapat disebabkan karena VGA rusak, monitor rusak, hard disk rusak, atau memori utama rusak. Kerusakan pada monitor komputer sering membuat bingung karena harus mencari kemungkinan kerusakan pada bagian komputer.

Cara untuk memeriksa kerusakan pada monitor atau VGA card, yaitu memeriksa hubungan kabel apakah sudah terpasang dengan baik. Memeriksa VGA card yang terpasang pada motherboard dengan cara komputer di shut down dahulu menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada sistem operasinya.

Lepaskan semua kabel yang berhubungan dengan CPU agar tidak terjadi hubungan singkat saat melakukan service komputer dan melepaskan penutup casing. Stelah itu, periksa VGA card terpasang pada motherboad dan memastikan VGA terpasang dengan baik.
Apabila monitor belum menampilkan gambar setelah diperiksa, maka dapat dicoba dengan memasang monitor di CPU yang lain. Dan, jika monitor nyala setelah dihubungkan dengan CPU lain, maka VGA harus diganti.

Memperhatikan adanya suara yang timbul. Apabila ada suara yang muncul berarti ada kerusakan pada processor, memory, atau VGA. Memeriksa panas yang timbul pada pendinginnya, jika terlalu panas atau dingin berarti processor yang rusak. Jika timbul suara bip pada speaker berarti memori rusak.

Untuk memastikan kerusakan terdapat pada monitor atau CPU dengan cara menekan tuts Numlock pada keyboard, bila tidak menyala berarti CPU rusak. Tetapi, apabila menyala, maka kerusakan tidak pada CPU dan harus dicari kerusakan pada komponen yang lain.
Debu harus dibersihkan pada motherboard, memory, cd room, flashdisk, dan semua bagian komputer karena debu sangat memengaruhi kerja komputer. Apalagi jika komputer dalam keadaan kotor atau sudah lama tidak dibersihkan.

Memastikan tidak ada virus di komputer. Program anti virus harus selalu terpasang dan diaktifkan auto protectnya untuk membersihkan virus secara otomatis. Anti virus harus selalu di update, sehingga apabila ada virus yang baru, maka anti virus akan mendeteksi dan menghilangkan virusnya.

Setelah mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memeriksa kerusakan apabila power monitor komputer nyala tapi tidak ada gambar, maka akan mempermudah memperbaiki komputer sendiri, sehingga tidak buru-buru memeriksakan kepada servis komputer. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Apa Penyebab Penyakit Mata Ikan
Sebelumnya: Pantun Pelajaran Sekolah – Belajar Pantun di Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar