Pengetahuan tentang PPT Morfologi Padi


PPT morfologi padi terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian vegetatif atau aseksual yang terdiri dari batang, akar dan daun serta bagian generatif atau seksual yang terdiri dari bulir daun bunga atau malai. Kedua bagian morfologi ini berkembang dengan seimbang sehingga tanaman padi dapat hidup.

Tanaman Padi

Akar serabut tanaman padi berjumlah sangat banyak agar dapat menyerap zat unsur hara dengan maksimal karena tanaman padi memerlukan sangat banyak suplai unsur hara sebagai makanannya.

Batang tanaman padi terdiri dari ruas-ruas batang yang terpisah dengan buku-buku. Pada buku-buku terdapat sehelai daun. Pada ketiak daun terdapat ruas daun dan upih daun. Di bagian ini akan tumbuh batang sekunder dan tersier yang disebut dengan pertunasan padi. Batang yang sehat akan menjadi tempat tumbuhnya bulir padi.

Daun pada tanaman padi berbentuk helaian memanjang seperti pita. Panjang helai daun padi tergantung dari varietas padi. Letaknya daun dapat menentukan panjang daun padi. Daun terpanjang dari tanaman padi terletak pada helai daun ketiga.

Malai adalah bagian dari tanaman padi yang mempunyai sifat generatif dan tersusun dari sekumpulan bunga padi. Butir-butir padi yang akan dipanen berada pada cabang pertama dan batang kedua. Pada saat berbunga malai padi akan berdiri tegak tetapi akan terkulai jika bulir padi telah mengisinya karena bulir padi yang mengisi menjadi lebih berat.

Bunga padi adalah bunga yang mempunyai kelamin ganda. Benang sari pada bunga padi berjumlah 6 mempunyai tangkai sari pendek dan kepala sari besar. Putik ada 2 tangkai dan mempunyai 2 buah kepala putik. Kepala putik berwarna putih dengan bentuk malai. Perkawinan dan penyerbukan pada tanaman padi dibantu dengan tiupan angin. Setelah proses penyerbukan kemudian akan terjadi pembuahan menjadi bulir padi.

Buah padi dikenal sebagai beras atau gabah. Buah padi ditutup oleh lemma dan palea yang akan membentuk kulit gabah. Terbentuknya buah padi setelah terjadi penyerbukan dan pembuahan. Pengetahuan tentang PPT morfologi padi dapat menambah wawasan tentang ilmu pertanian khususnya tentang tanaman padi.

Selanjutnya : Teknik Mengganti dan Mengetahui Tempat Buang Oli Pada Motor
Sebelumnya: Membuka Usaha Valuta Asing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar