Beberapa Parasasti Mengenai Borobudur dan Penjelasannya


Dalam pelbagai prasasti mengenai Borobudur bisa menjelaskan asal-usul dan sejarah candi Budha terbesar di Indonesia tersebut. Candi yang dibangun pada tahun 800-an Masehi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berbentuk stupa dan dibangun oleh penganut agama Budha Mahayana.

Prasasti Candi Borobudur

Pada dinding candi dihiasi 2.672 relief yang miliki sekitar 504 arca Budha. Terkait dengan prasasti mengenai Candi Borobudur ada beberapa dokumen sejarah yang bisa menjelaskannya.

Prasasti bisa dikatakan sebagai dokumen atau piagam yang menandai akhir masa pra aksara atau zaman belum mengenal tulisan. Prasasti pula dikatakan sebuah pintu gerbang sejarah manusia dari zaman prasejarah menuju zaman sejarah. Prasasti biasanya dijadikan rujukan bagi sejarahwan untuk menentukan waktu atau teori tentang sebuah peristiwa sejarah. Ini juga termasuk prasati tentang Candi Borobudur.

Menurut Prasasti Karangtengah dan Tri Tepusan, sejarahwan J.G. de Casparis mengemukakan teorinya jika Candi Borobudur didirikan oleh Samaratungga. Ia adalah Raja Mataram dari Wangsa Syailendra. Sedangkan pembangunan candi tersebut dimulai pada tahun 824 Masehi. Namun, bangunan super megah itu baru bisa terselesaikan ketika putrinya berkuasa yakni pada era Ratu Pramudawardhani.

Berdasarkan Prasasti Canggal yang berangka tahun 732 Masehi miliki data yang berbeda. Raja Siwa Sanjaya waktu itu memerintahkan membangun bangunan suci Shiwalingga yang terletak hanya 10 kilometer dari lokasi Candi Borobudur. Sedangkan candi tersebut diperkirakan dibangun dalam waktu yang bersamaan.

Dalam pada itu Candi Borobudur yang diperkirakan selesai dibangun pada tahun 825 Masehi hanya berselang 25 tahun lebih awal daripada pembangunan Candi Siwa Prambanan (850 Masehi).

Para peneliti dan sejarawan belum menemukan bukti akurat kapan candi ini dibangun, siapa pembangunnya, dan apa kegunaan khusus atau maksud tujuan dibangunnya Candi Borobudur. Sedangkan untuk menentukan prediksi pembangunannya hanya didasarkan jenis aksara yang lazim digunakan pada prasasti-prasasti kerajaan di abad ke-8 dan ke-9. Namun para peneliti sepakat jika Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800-an Masehi. Sedangkan waktu yang

diperlukan untuk membangun candi super megah ini diperkirakan antara 75 hingga 100 tahun.
Demikian sekelumit penjelasan tentang prasasti mengenai Borobudur untuk menelisik sejarah dan asal-usulnya.

Selanjutnya : Etika Dan Contoh Surat Pernyataan Berhenti Bekerja
Sebelumnya: Contoh Chicklit: Kumpulan Cerpen Tema Persahabatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar