7 Nama Prasasti-prasasti Peninggalan Kerajaan Sunda Pajajaran

Nama-nama prasasti-prasasti peninggalan Kerajaan Sunda Pajajaran, yang akan kita bahas disini ada 7 buah prasasti. Kerajaan Sunda Pajajaran berdiri pada 1030 – 1579 M di daerah Jawa Barat. Kerajaan ini berdiri dari gabungan 2 kerajaan yang ada sebelumnya, yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh, sehingga disebut juga Sunda-Galuh.

Prasasti Kerajaan Sunda Pajajaran

Ada beberapa prasasti yang menjadi bukti sejarah berdirinya kerajaan ini. semua dapat kita saksikan hingga saat ini. Ada yang masih berbentuk utuh dan yang sudah di makan zaman, tetapi tetap tidak meninggalkan keotentikannya. Beberapa prasasti tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Prasasti Cikapundung. Ditemukan pada tanggal 8 Oktober 2010 di daerah Sungai Cikapundung, Bandung.Diperkirakan dari abad ke 14 dan bertuliskan aksara Sunda Kuno. Selain aksara, di atasnya juga terdapat bentuk wajah, tangan, dan telapak kaki.
  2. Prasasti Pasir Datar. Prasasti ini ditemukan pada tahun 1872 di daerah Cisadane, Bandung. Tepatnya di perkebunan kopi, daerah Pasir Datar. Prasasti ini dibuat dari batu alam dan sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.
  3. Prasasti Huludayeuh. Prasasti ini sebenarnya sudah lama diketahui oleh penduduk sekitarnya, di perkampungan Huludayeuh, Desa Cikahalang, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon. Terletak begitu saja di tengah persawahan milik penduduk disana. Baru diketahui oleh kalangan arkeolog, pada bulan September 1991. Saat ditemukan prasasti sudah tidak berbentuk utuh lagi, beberapa bagian sudah rusak, sehingga banyak huruf-huruf aksara Sunda Kuno yang hilang.
  4. Prasasti Perjanjian Sunda-Portugis. Prasasti ini ditemukan di Jakarta pada tahun 1918, berbentuk sebuah tugu batu. Dalam perjanjian tersebut, dibuat kerjasama dagang antara orang Portugis dengan Kerajaan Sunda, yang diwakili oleh Sang Hyang Surawisesa, seorang pangeran utusan Raja Sunda. Prasasti ini disimpan di Museum Nasional.
  5. Prasasti Ulubelu. Prasasti ini berasal dari abad 15 M, diperkirakan sebagai peninggalan Kerajaan Sunda. Ditemukan pada tahun 1936 di daerah Ulubelu, Kotaagung, Lampung. Walau ditemukan di wilayah Lampung, para arkeolog tetap menganggap prasasti tersebut peninggalan Kerajaan Sunda. Karena aksara yang terdapat di prasasti tersebut beraksara Sunda Kuno.
  6. Prasasti Kebonkopi II. Prasasti ini sudah lama hilang karena dicuri pada tahun 1940. Kenapa disebut sebagai Prasasti Kebonkopi II, supaya dapat dibedakan dari Prasasti Kebonkopi I yang merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, walau ditemukan pada daerah yang sama.
  7. Situs Karangkamulyan. Prasasti ini bercoarak Hindu-Budha, ditemukan di Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Desa Karangkamulyan. Berkisah mengenai tokoh Ciung Wanara, tokoh ini sering diceritakan turum menurun di daerah Jawa Barat.

Itulah beberapa keterangan mengenai nama-nama prasasti-prasasti peninggalan Kerajaan Sunda Pajajaran. Sebagai bangsa yang menghargai peninggalan bersejarah, sebaiknya kita harus selalu perduli dan membantu menjaganya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengetahui Esensi dan Makna Demokrasi
Sebelumnya: Makanan yang Termasuk Fast Food
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...