Beberapa Prasasti yang Membuktikan Adanya Kerajaan Singasari


Beberapa Prasasti yang Membuktikan Adanya Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari seperti kita ketahui bersama memiliki hubungan erat dengan salah satu rajanya yang terkenal yatu Ken Arok.

Ken Arok berhasil menduduki tahta setelah berhasil membunuh Tunggul Ametung yang merupakan seorang akuwu pada saat itu. Ia pun menikahi istri dari Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes.

Ken Arok merupakan seseorang yang mendirikan sebuah kerajaan baru bernama Kerajaan Singasari setelah berhasil menguasai Tumapel dan mengincar Kediri yang rajanya telah meninggal. Berikut ini kita akan membahas prasasti yang membuktikan adanya kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan yang memiliki nama besar dan terkenal bahkan sampai sekarang. Berdirinya sebuah kerajaan juga selalu ditandai dengan adanya peninggalan-peninggalan bersejarah yang menjadi bukti kuat bahwa kerajaan tersebut memang benar ada dan pernah berkuasa.

Peninggalan sebuah kerajaan banyak di antaranya berupa prasasti, kitab-kitab, dan candi. Beberapa kitab, candi, dan prasasti yang membuktikan adanya kerajaan Singasari di antaranya sebagai berikut :

1.    Prasasti Mula Malurung. Prasasti ini menyebutkan bahwa pendiri dari kerajaan Tumapel merupakan Bhatara Siwa. Dalam kitab Pararaton disebutkan bahwa sebelum melawan kerajaan Kediri, dahulu Ken Arok memiliki gelar sebagai Bhatara Siwa.

2.    Kitab Pararaton. Di dalam kitab ini diceritakan mengenai Ken Arok yang membunuh Tunggul Ametung. Ken Arok berniat melepaskan Tumapel dari kekuasaan Kediri.

3.    Kitab Negarakertagama. Di dalam kitab ini tidak disebutkan nama Ken Arok, pendiri dari Kerajaan Tumapel merupakan Ranggah Rajasa Sang Girinathaputra.

4.    Candi Kidal. Candi Kidal merupakan candi yang dipersembahkan untuk raja kedua yaitu Anusapati yang juga merupakan anak tiri dari Ken Arok. Terletak di Rejokidal, Tumpang, Malang.

5.    Candi Jago. Merupakan candi yang dibangun untuk Raja Wisnuwardhana pada pertengahan abad ke 13. Candi Jago ini juga merupakan peninggalan Kerajaan Singasari.

6.    Candi Singasari. Candi Singasari merupakan candi yang berupa kuil Syiwa yang tinggi dan besar disebut juga sebagai Candi Tumapel.

Setiap peninggalan baik itu candi, kitab-kitab merupakan prasasti yang membuktikan adanya kerajaan Singasari perlu dijaga kelestariannya. Semua peninggalan tersebut merupakan aset sejarah bangsa yang sangat berharga.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kesemuanya merupakan bukti pernah berdirinya sebuah kerajaan kuat dan besar di negeri ini, Kerajaan Singasari.

Selanjutnya : Alat dan Bahan Membuat Seni Kerajinan Anyaman Bambu
Sebelumnya: Alasan Korut dan Korsel Bermusuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar