Primbon dari Datang Bulan, Masihkah Kita Mempercayainya?

Primbon dari datang bulan merupakan ramalan atau prediksi mengenai sesuatu yang akan terjadi, sehubungan dengan waktu seorang wanita mendapatkan menstruasi. Seperti yang kita tahu, untuk wanita yang sudah balig, maka dirinya akan kedatangan ‘tamu’ setiap bulannya. Sekalipun ‘tamu’ bulanan ini dapat diprediksi kedatangannnya berdasarkan periode tanggalan, namun tidak menutup kemungkinan hasil prediksi tersebut tidak benar.

Oleh karena itu, banyak pihak yang kemudian mengkaitkan kejadian ini dengan beberapa hal yang akan terjadi pada kehidupan seseorang. Sementara itu, di pihak yang lain muncul tanda tanya besar. Apakah mungkin primbon dari datang bulan ini memang benar adanya? lalu, apakah wanita-wanita yang hidup pada zaman modern seperti sekarang ini masih mempercayainya?

Loading...

Karena primbon ini tidak berdasarkan sesuatu yang ilmiah, sehingga jika dihadapkan pada era yang serba maju seperti sekarang, terkesan primbon ini tidak bisa dibuktikan secara benar adanya. Namun, terlepas primbon ini benar atau salah dan masih ada atau tidak yang mempercayainya, biarkan wanita-wanita di luar sana menjawabnya secara bijak. Pada kali ini, kita hanya akan mencoba menghubungkan primbon tersebut dengan pandangan agama dan dampaknya terhadap kehidupan para wanita yang sedang datang bulan.

Pandangan Agama Mengenai Ramalan Datang Bulan

Dalam Islam, mempercayai segala sesuatu yang belum tentu kebenarannya adalah termasuk hal yang musyrik. Hal ini dikarenakan Islam mengajarkan umatnya untuk percaya kepada Allah Swt. semata. Oleh karenanya, ketika seorang perempuan mempercayai primbon ini dan menjadi tergantung terhadapnya, maka secara tidak langsung dia sedang menyekutukan Tuhannya. Karena bagaimanapun, semua hal bisa terjadi atas kehendak Allah.

Sebagai contoh, primbon mengatakan dia akan mendapatkan bencana karena menstruasi pada tanggal 13. Namun jika Tuhan tidak menakdirkannya mendapat bencana, maka bencana itu pun tidak akan pernah terjadi. Karena sepintar-pintarnya orang dalam meramalkan sesuatu, masih ada ‘Dia’ yang jauh lebih pintar dan bijaksana untuk memutuskan apakah ramalan itu akan terjadi atau tidak. Sehingga untuk para wanita, terlepas itu beragama Islam ataupun agama lainnya, percayalah pada Tuhan kalian daripada ramalan manusia biasa.

Terlalu Percaya Primbon Berakibat Buruk pada Kesehatan Mental

Kebanyakan wanita yang sedang datang bulan mengalami pergolakan emosi yang tidak stabil. Mereka lekas marah, sering bersedih tanpa sebab, dan juh menjadi lebih sensitif. Hal ini akan semakin memburuk jika mereka percaya pada hal-hal negatif yang dikatakan oleh primbon.

Mereka akan tambah merasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Padahal ketika datang bulan, seharusnya mereka bisa rileks, tidak usah memikirkan apa kata primbon. Lebih baik menjalani waktu datang bulan dengan tenang. Karena hal ini juga membantu wanita tersebut terhindar dari fisik seperti kram perut, mual, dan sebagainya, yang ternyata merupakan gejala dari gangguan psikologis mereka. Oleh karena itu, apabila mereka tenang dan santai dalam menghadapi datang bulan, maka psikologis mereka pun akan terjaga dengan baik.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai primbon dari datang bulan. Terlepas Anda masih percaya atau tidak, semua saya serahkan kepada Anda sekalian. Semoga informasi ini dapat menjadi masukan yang berguna bagi Anda sekalian.

Loading...
Selanjutnya : Apa saja Program Kerja dari Humas?
Sebelumnya: Cara Membuat Pidato Shalat Jumat yang Tepat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar