Primbon Datang Haid Berdasarkan Primbon Jawa


Adapun pengertian menstruasi adalah suatu proses keluarnya darah kotor yang dialami oleh semua wanita tiap bulan. Ini merupakan kodrat seorang wanita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Namun dalam kebudayaan Indonesia yang kental dengan adat istiadatnya, terkadang datangnya haid bisa mengandung makna tersendiri. Masyarakat jawa memiliki kepercayaan yang didasarkan pada primbon. Primbon datang haid bisa mengandung makna yang berbeda-beda ada yang berdasarkan hari atau didasarkan pada tanggal datangnya haid seorang wanita, mengandung makna tersendiri, bahkan ada juga yang memberikan makna berdasarkan bulannya.

Datang bulan atau menstruasi atau disebut juga haid akan dialami oleh setiap wanita tiap bulannya. Biasanya tanggal datangnya menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Tanggal datangnya menstruasi bisa tetap tiap bulan, bisa juga mengalami maju beberapa hari dari tanggal datang bulan kemarin atau tanggalnya bisa mengalami mundur beberapa hari dari tanggal datang bulan kemarin.

Makna Menstruasi Berdasarkan Pimbon Jawa

Berikut makna menstruasi atau haid berdasarkan hari menurut primbon Jawa:

jika haidddd

Adapun menurut primbon Jawa makna datangnya haid yang didasarkan pada tanggal bermakna sebagai berikut:

tanggal 11111111

Di bawah ini makna haid berdasarkan bulan:

januariiiiiiiiiiiiii
Itulah beberapa makna datangnya haid atau menstruasi yang didasarkan pada hari, tanggal, dan bulan berdasarkan primbon jawa. Makna yang terkandung bermacam-macam sekali. Namun hal itu adalah merupakan suatu kepercayaan dari masyarakat Jawa, karena masih banyak masyarakat Jawa yang masih percaya akan makna sesuatu didasarkan pada primbon Jawa. Bukan hanya berlaku untuk datang bulan saja, hal-hal lainnya seperti penentuan tanggal menikah sepasang pria wanita, tabir mimpi dan sebagainya.

Buku primbon bisa didapat di toko-toko buku. Di situ akan dijelaskan berbagai macam hal, tapi semuanya kembali pada pribadi masing-masing apakah mereka bisa menerima atau tidak, karena hal itu juga merupakan semacam ramalan manusia.

Begitu juga dengan makna datang bulan berdasarkan primbon datang haid, kita kembalikan kepada masing-masing pribadi, dan saya lebih menyarankan agar jangan terlalu percaya dengan hal-hal seperti itu, karena itu didasarkan pada ramalan manusia juga dan jelas hal ini dilarang bagi mereka yang beragama Islam karena termasuk syirik. Semuanya kita kembalikan kepada Sang Pencipta alam semesta ini yang berkuasa atas segalanya. Yang terpenting kita cukup pasrah dan berserah diri dalam menjalani hidup ini yang digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selanjutnya : Fungsi dan Cara Kerja Enzim dalam Metbolisme Tubuh
Sebelumnya: Klasifikasi Ciri Ciri Makhluk Hidup Monera
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar