Primbon Halangan: RamalanTerpercaya

Primbon atau ramalan kadang kala menjadi patokan bagi orang-orang yang sedang mengalami suatu peristiwa yang dianggap istimewa dalam hidupnya. Primbon bisa diambil dari manapun, dari posisi bulan, dari tanggal lahir hingga dari tanggal haid wanita.

Pernahkah anda mendengar mengenai primbon halangan? Sebagian masyarakat menyebut primbon ini dengan nama ‘primbon haid’. Konon, primbon ini telah dikenal jauh sebelum haid disebut pula sebagai menstruasi. Dengan kata lain, primbon ini memiliki usia yang sangat tua.

Patokan dari primbon ini adalah kedatangan haid seorang perempuan. Asal tahu saja, kedatangan haid mulai dari hari, waktu, hingga dalam keadaan apa bisa membuat penafsiran tersendiri lewat primbon. Sebagai contoh si a, yang kebetulan kedatangan haid pada jam 9 pagi, hari senin.

Primbon semacam ini memang dikenal baik oleh sebagian masyarakat jawa. Namun, akhir-akhir ini teknologi telah semakin canggih sehingga hanya segelintir saja dari masyarakat yang mengenalnya dengan baik.

Mengapa Haid Dianggap Sebagai Pertanda?

Haid ternyata memiliki makna yang penting dalam terminologi kepercayaan masyarakat jawa. Bagaimana tidak? Haid dikenal sebagai tanda bahwa seorang perempuan diikuti oleh makhluk halus. Hal ini terjadi, apabila si perempuan dengan sengaja dan ceroboh membuang begitu saja pembalut di sembarang tempat.
Ketika haid, kadangkala seorang perempuan mengalami perubahan hormonal yang mampu membuatnya bertingkah sedikit reaktif. Hal ini juga diperhatikan dengan seksama oleh primbon tersebut.

Haid dan wanita merupakan hal yang sangat erat kaitannya antara satu dengan lainnya. Sehingga tidak dapat dipisahkan begitu saja. Adanya primbon merupakan bukti bahwa masyarakat di masa lalu sangat mempercayai bahwa haid merupakan pertanda khusus.

Cara Kerja Primbon

Lalu bagaimanakah primbon membaca mengenai haid ini? Beberapa patokan dasar dari primbon ini adalah hari, dan waktu seorang perempuan mendapatkan haid. Misalnya sebagai berikut:

•    Mendapatkan haid di hari senin dipercaya bahwa hal ini adalah pertanda baik datangnya rejeki dan keberuntungan.

•    Mendapatkan haid di hari selasa. Artinya, ia akan mendapatkan kebahagiaan sesegera mungkin.

•    Haid di hari rabu. Anda akan segera bertemu musuh.

•    Haid di hari kamis merupakan pertanda buruk yaitu mendapatkan duka cita mendalam.

•    Haid di hari jumat memiliki arti baik yaitu ia akan mendapatkan keberuntungan yang besar.

•    Haid di hari sabtu mempunyai pertanda baik yaitu ia akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan.

Primbon halangan hanyalah sebuah ramalan semata. Sebenarnya, tidak bisa dijadikan sebuah patokan akan nasib seseorang. Jadi, tidak perlu mempercayainya. Cukup mengenalnya saja. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Cepat dalam Menyelesaikan Soal UN tentang Bangun Ruang
Sebelumnya: Cara Mudah Menghafalkan Ayat Suci Al Quran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading