Pringkat Pasukan Elit Indonesia di Mata Dunia Internasional


Akhir-akhir ini, kita disuguhkan berita tentang pembantaian yang dilakukan Kopassus pada tahanan-tahanan di sebuah penjara. Berita-berita yang beredar seakan memojokkan Kopassus. Padahal, pringkat pasukan elit indonesia di mata dunia internasional cukup bagus.

Kopassus merupakan singkatan dari Komando Pasukan Khusus. Pasukan ini dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Beberapa kemampuan khusus yang dimiliki oleh Kopassus adalah bergerak cepat di medan apa pun, menembak dengan tepat, kemampuan menyelinap dan mengintai, serta antiteror.

Kemampuan militer Indonesia sebenernya mampu menandingi kemampuan militer negara mana pun, termasuk Rusia dan Amerika. Akan tetapi, kekuatan militer Indonesia tidak didukung kemampuan finansial negara, sehingga menyebabkan anggaran persenjataan militer kita tidak memadai. Tentunya hal ini menyebabkan kemampuan militer Indonesia secara keseluruhan dianggap lemah. Padahal, jika kita mau mencari informasi-informasi tentang Kopassus, maka akan kita temukan banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan negara-negara lain.

Beberapa Kelebihan Kopassus

  • Kopassus meraih juara satu sniper dalam lomba Pasukan Elite Asia Pasific. Senjata yang digunakan Kopassus adalah senjata buatan Pindad.
  • Kopassus memberikan pelatihan-pelatihan terhadap pasukan elit di negara-negara di Benua Afrika.Tentara Vietkong pada perang Vietnam meniru strategi yang dilakukan oleh Kopassus dalam berperang melawan Amerika. Padahal, persenjataan Amerika sangat canggih.
  • Kopassus juga melatih pasukan elit Kamboja. Pasukan ini merupakan paspampres Kamboja.
  • Kopassus merupakan salah satu yang ikut ekspedisi pendakian Gunung Everest pada tahun 1997. Pendakian ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang mampu mencapai puncak Everest.
  • Operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand pada pesawat Garuda Airline juga melibatkan Kopassus.

Karena misi-misi Kopassus bersifat rahasia, maka sebagian besar misi tersebut tidak diketahui oleh masyarakat. Misi yang diketahui pun hanya segelintir informasi saja. Karena Kopassus merupakan pasukan khusus, maka jumlah personelnya relatif sedikit dan jarang sekali Kopassus melibatkan satu batalyon dalam sebuah misi.

Nama besar yang disandang Kopassus menyebabkan banyak pihak yang ingin memanfaatkannya untuk kegiatan politis. Reputasi Kopassus juga tercoreng dengan beberapa kasus HAM. Tapi, hal ini tidak menurunkan pringkat pasukan elit indonesia di mata dunia.

Selanjutnya : Prinsip Tata Kerja dalam Berorganisasi
Sebelumnya: Proses Terbentuknya Batuan Karst dan Persebarannya di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar