Prinsip-Prinsip Demokrasi di Indonesia


Demokrasi di Indonesia kedudukannya tertinggi pada tangan rakyat, yaitu melalui permusyawarahan yang selalu menggunakan pertimbangan persatuan dan kesatuan rakyatnya. Kemudian, apa prinsip demokrasi di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Demokrasi adalah sistem yang dianut oleh sebuah negara dan pemerintahannya terpusat pada rakyat, sedangkan prinsip demokrasi itu sendiri memiliki makna keputusan yang diambil dalam menjalankan pemerintahan berdasarkan isi Pancasila dan UUD 1945. Dijelaskan bahwa hak setiap individu dihadapan hukum sama, terjaminnya hak asasi manusia dan tidak diperbolehkan adanya kekuasaan yang sewenang-wenang.

Budaya yang digunakan pastilah sesuai dengan kebudayaan masyarakat Indonesia. Garis besar budaya demokrasi yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam memutuskan setiap perkara harus berunding, artinya tidak diputuskan secara sepihak. Dalam hal hak asasi manusia memiliki kesamaan dihadapan hukum dan inti dari itu semua, yaitu semua warga harus tetap menjaga kesatuan dan persatuan.

Dalam prinsip demokrasi Indonesia sama dengan demokrasi pancasila karena penulisan prinsip-prinsip tersebut sesuai dengan isi Pancasila. Seperti halnya pembuatan UUD yang mengacu pada isi pokok Pancasila.

Ada beberapa yaitu janinan hak asasi manusia, persamaan dihadapan hukum, pluralisme, social dan politik, proses hukum yang wajar, pembatasan pemerintah secara konstitusional, pemilihan yang bebas, adil dan jujur.

Prinsip-prinsip yang dianut di Indonesi saat ini mulai banyak yang luntur karena beberapa faktor X. Penyebab itu yang menjadikan prinsip itu berubah.

Misalnya saja, prinsip demokrasi yang persamaan setiap orang dihadapan hukum sekarang semakin hilang. Itu disebabkan karena mereka menganggap bahwa hukum bisa dibeli dengan uang dan apabila hal itu bisa dihilangkan kenapa tidak dilakukan. Itulah salah satu penyebab dari semakin kecilnya orang yang mengerti tentang prinsip demokrasi itu sendiri.

Kesalahan memang sudah biasa terjadi pada setiap orang, akan tetapi jika kesalahan seperti pada pengertian prinsip demokrasi tidak boleh dilakukan.

Hal tersebut bisa berakibat fatal seperti yang sekarang sudah sering kita jumpai di masyarakat atau di bangku pemerintahan Indonesia.

Pemahaman tentang prinsip demokrasi di Indonesia sudah seharusnya ditanamkan sejak dini agar mereka tidak salah seperti yang sudah terjadi dan memperbaiki yang sudah terjadi, seperti kesalahan yang dilakukan oleh wakil rakyat atau orang yang memiliki kekuasaan tertinggi negara. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Mencermati Cabang Ilmu Matematika
Sebelumnya: Hati-Hati Terkena Sanksi Tidak Membayar Kartu Kredit!
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar