Prinsip-prinsip Berbicara yang Baik di Depan Umum

Berbicara adalah jenis komunikasi verbal yang mana komunikator (penyampai) harus menyampaikan pesan ke komunikan (penerima) dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dan dapat dimengerti dengan baik, terlebih ketika harus berbicara di depan umum.

Dalam berbicara, tentunya menyangkut cara serta kemampuan seseorang untuk mengungkapkan buah pikiran, pendapat, serta perasaannya dengan prinsip-prinsip berbicara yang baik.

Loading...

1. Tahu Pesan yang Ingin Disampaikan buy prednisone 1 mg buy prednisone 1 mg order Deltasone

Ketika berbicara atau memulai pembicaraan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah harus mengetahui pesan yang ingin disampaikan. Kenapa begitu? Karena dalam aktivitas berbicara pastinya ada pesan di dalamnya. Oleh karena itu, harus diketahui terlebih dahulu apa isi pesan tersebut agar dapat tersampaikan dengan baik kepada lawan bicara.

2. Tahu Audience yang Akan Dihadapi

Saat berbicara di depan umum, pembicara harus tahu seperti apa audience yang akan menerima pesan komunikasi kita. Berbicara kepada remaja tentunya berbeda ketika berbicara di depan anak-anak atau orang dewasa agar sebelumnya bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

3. Hilangkan Semua Kendala dan Hambatan

Berbicara di depan umum tentunya ada banyak ketakutan-ketakutan yang muncul. Ada beberapa ketakutan yang seringkali muncul, di antaranya:

    drugs without prescriptions prednisone 40 mg. pain relief|muscle relaxant. where to buy deltasone in uk, deltasone cheapest price , generic prednisone
  • Fear of the unknown. Ketakutan pada sesuatu yang tidak diketahui dengan jelas apa yang membuat kita takut.
  • online pharmacy toronto canada dapoxetine online buy dapoxetine 30 london pharmacy uk best prices buy generic dapoxetine in australia cheap fast 

  • Fear of being misunderstood. Ketakutan apabila terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian pesan.
  • purchase discount medication! purchase zoloft online. instant shipping, generic zoloft pills.

  • Fear of the audience. Ketakutan terhadap respons pendengar.
  • Fear of oneself. Ketakutan akan ada orang penting yang datang ketika acara sedang berlangsung.
  • Fear of being inaudible. Ketakutan akan mengeluarkan kata-kata yang salah.
  • where can i buy prednisone over the counter . problems with buying prednisone without rx. buy generic prednisone online no prescription quick delivery.

  • Fear of physical reaction. Ketakutan akan timbul reaksi psikis dari alam bawah sadar yang tidak dikehendaki, seperti kaki goyang-goyang atau tangan bergetar.

Lalu, bagaimana untuk menghilangkan ketakutan tersebut? Tingkatkan rasa percaya diri Anda dan berlatihlah terus menerus, Anda bisa juga meminta beberapa sahabat atau saudara untuk menjadi audience dalam latihan dan meminta pendapat mereka.

4. Eye Contact

Prinsip yang tak boleh dilupakan adalah eye contact. Dengan melakukan kontak mata pada lawan bicara, maka akan dapat membuat perhatian audience terpusat pada pembicara serta audience merasa dihargai.

Demikian beberapa prinsip-prinsip berbicara yang baik di depan umum yang bisa dipraktikkan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menjadi seorang public speaking yang baik.

 

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Tajuk Rencana dalam Surat Kabar
Sebelumnya: Mempersiapkan Rancangan Kegiatan Penelitian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar