Empat Problema Dalam Kehidupan Sosial

Problema dalam kehidupan sosial adalah permasalahan sehari-hari yang banyak kita temui. Mulai masalah sosial ekonomi sampai ke pengangguran. Masalah sosial terjadi karena terjadinya perbedaan antara nilai masyarakat dengan realita masyarakat itu sendiri. Adapun yang menyebabkan terjadinya permasalahan sosial yaitu terjadinya bencana alam.

Faktor-faktor Problema

Loading...

Secara garis besar, problema kehidupan sosial ada beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, budaya, biologis dan psikologis. Seperti yang kita tahu, faktor ekonomi memberikan sumbangan cukup besar dalam memicu permasalahan di masyarakat, mulai angka kemiskinan semakin banyak, pangangguran dimana-mana. Berawal dari perekonomian akan berdampak pada sikap dan tingkah laku sekelompok orang kelas atas dan kelas bawah. Dimana terjadi persepsi dan stereotip tentang dua golongan tersebut. Memicu terjadi konflik kecil, tidak menutup kemungkinan konflik itu tidak terjadi, hanya saja kesenjangan itu pasti ada dan tetap ada. Mengingat di Indonesia jumlah penduduk sangat besar.

Faktor budaya menjadi salah satu problem kehidupan sosial terlihat dari banyaknya kasus kenakalan remaja dan angka perceraian. Sebagai salah analogi budaya berperan dalam menciptakan problem, misalkan kota X mayoritas sering melakukan kawin cerai, kota X memandang perceraian hal yang wajar. Sedangkan di kota Z misalkan, perceraian adalah pantangan dan tidak boleh dilakukan. Dalam psikologi, istilah ini karena dipengaruhi oleh konformnitas. Yaitu mengikuti aturan masyarakat yang ada pada suatu daerah itu. masyarakat melakukan sesuatu karena ingin seperti masyarakat secara umum.

Problema dalam kehidupan sosial yang dipengaruhi oleh biologis yang mencakup penyakit menular juga bisa menjadi problem.

Beberapa tahun yang lalu, bahkan hingga tahun sekarang terjadi problem masalah penularan HIV. Menunjukkan konflik sosial antara penderita HIV/AID yang disebut Oda dengan orang yang tidak tekena virus tersebut. Berawal dari problem semacam ini membuat beberapa orang melakukan diskriminasi terhadap mereka Oda. Disadari atau tidak disadari, hal ini juga mempengaruhi secara psikologis si Oda.

Membahas faktor psikologis juga menjadi salah satu endemik problema dalam kehidupan sosial yang patut diwaspadai. Secara psikologis tidak melulu soal pola pikir, tetapi termasuk penyakit syaraf. Gangguan syaraf misalnya dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis, karena ada beberapa syaraf yang menganggu kinerja otak dan membuat otak tidak bisa berpikir secara normal. Adapun tidak terjadi gangguan syaraf, tetapi mereka bisa saja mereka salah satu korban pencucian otak seperti aliran sesat dan sejenisnya. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh alam bawah sadar.

Loading...
Selanjutnya : Cara Penulisan Doktor yang Benar
Sebelumnya: Definisi Marah dan Cara Mengelolanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar