Produk Buatan Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri


Apa saja kira-kira produk buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri? Mencintai produk dalam negeri adalah lebih baik ketimbang sering membeli produk luar. Produk dalam negeri Indonesia sebetulnya tidak kalah dengan produksi negeri tetangga. Nyatanya, tidak sedikit produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri.

Hal tersebut menandakan produk Indonesia juga diminati pasar luar negeri. Meski barang ekspor Indonesia tidak selalu berupa barang jadi, Indonesia juga merupakan negara pengekspor bahan mentah dan setengah jadi ke negara-negara lain di dunia. Misal, Indonesia mengekspor minyak mentah ke produsen minyak di luar negeri. Indonesia juga menjadi pengekspor biji cokelat, kopi, dan kelapa sawit terbesar.

Banyak sekali produk Indonesia yang sudah mendunia, baik buatan pabrik atau produk rumahan. Jangan salah, produk rumahan sudah banyak yang menjamah pasar luar negeri. Berikut adalah daftar produk Indonesia yang diekspor.

Polygon

Produk sepada idola anak muda ini ternyata asli buatan Indonesia. Pabriknya terdapat di Sidoarjo, Jawa Timur. Produksinya bermacam-macam, mulai sepeda BMX, sepeda gunung, sampai sepeda lipat. Kendaraan ramah lingkungan ini sudah diekspor ke Singapura, Malaysia, dan Australia.

Equil

Air minum dalam kemasan ini sudah merambah ke luar negeri. Dengan kemasan yang eksklusifnya, air minum ini diekspor ke Singapura, Thailand, Australia, Hongkong, dan Arab Saudi. Desain botol yang eksklusif dan air yang berkualitas rupanya bisa mencuri perhatian dunia.

Batik

Dunia mengakui bahwa Indonesia adalah produsen batik. Banyak tokoh dunia yang mengakui keberadaan batik sebagai warisan budaya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki batik dengan khasnya masing-masing. Tidak sedikit produsen batik Indonesia yang sudah berekspansi ke luar negeri.

Produk Kerajinan

Banyak produk kerajinan asli Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Mulanya, kerajinan-kerajinan tersebut hanya dikerjakan dalam jumlah sedikit dan hanya dipasarkan di dalam negeri. Produk kerajinan yang sudah merambah ekspor antara lain tas kulit, tas lurik, kerajinan bali, dll.

Furnitur

Produk furnitur menjadi komoditas utama ekspor Indonesia ke luar negeri. Furnitur berbahan dasar kayu dan bambu rotan sangat diminati oleh konsumen luar negeri. Produsen furnitur rotan asal Cirebon bahkan mengekspor lebih dari 1.000 kontainer ke luar negeri. Negara tujuannya antara lain Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Inggris, dan Belanda.

Makanan dan Minuman

Produk makanan dan miuman juga menjadi komoditas ekspor Indonesia. Salah satu yang diekspor adalah kopi. Tidak sah rasanya jika bicara kopi asli Indonesia, tapi tidak menyingung soal kopi luwak. Rasa kopi ini sangat luar biasa dan bahkan kelezatan rasanya sampai dikenal dunia.

Kini Anda sudah tahu produk buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Semoga pengetahuan ini bisa menambah kecintaan kita pada produk Indonesia.

Selanjutnya : Games Ketangkasan Kelompok Pramuka
Sebelumnya: Menjadikan Kue Kering Bukan Bisnis Musiman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar