Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan


Setiap perusahaan menginginkan sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya mampu menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Produktivitas kerja karyawan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan konsumen.

Produktivitas Kerja Karyawan

Produktivitas kerja merupakan ukuran perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, jika kualitas produktivitas kerja karyawan rendah, maka produktivitas produksi akan mengalami penurunan.

Rendahnya kualitas produktivitas kerja bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kedisiplinan, motivasi kerja, etika kerja, pendidikan, keterampilan, jaminan kerja dan kesehatan, lingkungan sosial, teknologi, dan lain-lain. Produktivitas kerja yang dilihat dari hasil output-nya merupakan kunci untuk membedakan mana orang yang berhasil atau tidak.

Hal tersebut dapat memperlihatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu tertentu, tentunya dengan kualitas dan kemampuan yang baik. Secara umum, peningkatan produktivitas kerja karyawan bisa terlihat dari beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

1. Membandingkan pelaksanaan kerja terdahulu dengan pelaksanaan kerja yang sekarang, apakah hasilnya memuaskan atau tidak?

2. Membandingkan pelaksanaan kerja antara satu unit dengan yang lainnya, untuk melihat hasil pencapaian secara relatif.

3. Membandingkan hasil kerja sekarang dengan targetnya. Hal ini merupakan cara yang terbaik karena akan memusatkan perhatian pada sasaran atau tujuan.

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah dengan memunculkan motivasi untuk selalu berkeinginan dan meningkatkan kinerjanya secara terus menerus, agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain adanya motivasi, hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan konsentrasi pada waktu jam kerja, jangan sampai termakan oleh godaan yang ada di sekitar tempat kerja sehingga dapat merugikan terhadap diri sendiri.

2. Memaksimalkan waktu bekerja dengan sebaik mungkin untuk dapat menghasilkan kerja yang lebih baik.

3. Mengatur jadwal dengan baik, sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan percuma.

4. Menentukan batas waktu dalam setiap rapat sehingga dapat menggerakan orang lain untuk lebih efesien.

5. Memprioritaskan terhadap satu tugas dalam sehari, jangan memaksakan mengerjakan banyak tugas sehingga dapat menurunkan konsentrasi.

Demikian semua hal mengenai produktivitas kerja karyawan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatnya. Dengan terciptanya kerja karyawan yang produktif, maka tujuan perusahaan pun untuk mendapatkan keuntungan dan menyejahterakan karyawannya dapat tercapai.

Selanjutnya : Akibat/Dampak Bandung Lautan Api
Sebelumnya: Perlakuan terhadap Bayi dari dalam Kandungan Sampai Melahirkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar