Mengenal Profil dan Jenis-jenis Tabungan BRI


Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank yang pertama kali dimiliki oleh Indonesia. BRI pertama kali dibentuk di Purwekerto pada 16 Desember 1895 yang merupakan pelopor bank bagi para kaum pribumi. Kali ini, kita akan mengupas profil dan jenis-jenis tabungan BRI.

Profil BRI

Dalam perjalanannya, BRI mengalami beberapa kali perubahan nama. Setelah mengalami perubahan dan pemisahan dari Bank Indonesia serta melalui pengesahan undang-undang, maka BRI ditetapkan kembali menjadi bank umum pada tahun 1968. BRI pun terus mengalami perubahan status. Dari status sebagai perseroan terbatas dengan total kepemilikan sepenuhnya di tangan pemerintah pada tahun 1992, kemudian berubah menjadi perusahaan publik pada tahun 2003. Dengan menjual sahamnya sebanyak 30% kepada publik, BRI pun mengalami perubahan nama menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

BRI sangat konsen dalam upaya mengembangkan pengusaha-pengusaha kecil melalui program yang mereka miliki, yaitu program Kredit Usaha Kecil (KUK). Untuk membantu tercapainya perkembangan program ini, BRI memperbanyak kantor-kantor pelayanannya hingga ke pelosok desa. Tidak hanya ke pelosok desa, namun sampai ke luar negeri pun dilakukan oleh BRI. BRI membantu dan melayani para TKI kita yang berada di sana dalam pengelolaan penghasilan yang mereka terima.

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat terhadap dunia perbankan dan untuk mempermudah aktivitas mereka, BRI semakin gencar melakukan inovasi-inovasi. Hal ini dapat dilihat dari keragaman jenis tabungan yang dimiliki, tergantung kepada kebutuhan setiap nasabahnya masing-masing.

Jenis-jenis Tabungan BRI

Adapun jenis-jenis tabungan yang dimiliki oleh BRI adalah sebagai berikut.

  1. Simpedes: jenis tabungan dalam mata uang rupiah. Keunggulannya tidak ditentukan batas minimal penyetoran serta terhubung pada sistem jaringan online dan terdapat di seluruh Indonesia.
  2. BritAma: jenis tabungan yang memiliki sistem Real Time Online. Nasabah dilindungi oleh asuransi kecelakaan dan rawat inap. Setoran minimal hanya sebesar Rp 250.000.
  3. Simpedes TKI: diperuntukkan khusus bagi para TKI. Keunggulan batas waktu tabungan pasif lebih lama serta saldo awal setoran hanya Rp 50.000.
  4. Haji: tabungan yang diperuntukkan bagi calon jemaah haji. Setoran awal hanya Rp 50.000 atau AS$50.
  5. BritAma Dolar:  khusus bagi nasabah yang menabung dalam bentuk dollar. Keuntungannya mendapat asuransi kecelakaan gratis dan setoran awal hanya AS$50.

Demikian penjelasan singkat tentang profil dan jenis-jenis tabungan BRI. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Menghindari Permasalahan Sosial di Lingkungan Masyarakat
Sebelumnya: Mencegah Penyakit Glomerulus Nefrotik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar