Profil Lembaga Peradilan MA


Profil lembaga peradilan MA ini merupakan lembaga peradilan tertinggi di Indonesia selain Mahkamah Konstitusi.  Mahkamah Agung memiliki kewenangan, tugas, dan fungsi dalam peradilan negara tanpa dibatasi atau diatur oleh lembaga lainnya.

Susunan perangkat pejabat seperti ketua Mahkamah Agung dalam lembaga ini juga langsung dipilih oleh Presiden.  Sebalikny,a ketua Mahkamah Agung pun juga bisa diberhentikan oleh Presiden secara hormat.

Mahkamah Agung telah dibentuk dari masa penjajahan Belanda.  Namun, baru disusun dan dibuat dalam bentuk lembaga peradilan pada tahun 1947.  Pada masa itu, Mahkamah Agung sempat berpusat di Kota Yogyakarta, lalu kembali dipindahkan ke Jakarta.  Ketua Mahkamah Agung saat itu adalah Dr. Kusumah Atmadja.

Berdasarkan putusan Undang-Undang yang dikeluarkan nomor 14 pada tahun 1970, menyatakan bahwa Mahkamah Agung ini merupakan sebuah lembaga peradilan yang paling tinggi di antara semua lembaga peradilan yang memiliki kewenangan khusus, yaitu sebagai badan peradilan terakhir atau dikenal dengan kasasi bagi semua keputusan dari lembaga peradilan lainnya. Lembaga peradilan tersebut antara lain lembaga peradilan umum, agama, tata usaha negara, maupun lembaga peradilan militer.

Fungsi dari lembaga peradilan Mahkamah Agung ini sangat banyak, meliputi berbagai aspek antara lain fungsi dari peradilan, pengaturan, pengawasan, juga fungsi memberi nasehat dan administrasi. Fungsi-fungsi ini banyak dipakai dalam memberikan keputusan akhir bagi semua keputusan yang telah dikeluarkan oleh lembaga peradilan lainnya maupun bagi pemerintahan.

Yang paling dikenal dari peradilan Mahkamah Agung ini adalah bagaimana membatalkan hasil putusan peradilan sebelumnya atau yang kita sebut sebagai kasasi.  Kata kasasi yang berasal dari bahasa Perancis ini memang berarti membatalkan atau memecahkan.

Pada umumnya, kasasi akan diberikan jika hasil putusan dari peradilan sebelumnya terdapat kelalaian dalam memenuhi persyaratan yang telah diwajibkan dalam undang-undang juga karena salah dalam menerapkan ataupun melanggar hukum dari peraturan perundangan yang telah berlaku.

Profil lembaga peradilan MA ini memang sangat dikenal dari berbagai kasus di berbagai media, baik membatalkan maupun memberikan kepastian hukum akan hasil putusan dari peradilan sebelumnya. Bagaimanpun juga, sebagai lembaga peradilan tertinggi di negara kita ini, sebaiknya dipimpin oleh orang-orang yang berhati bersih, jujur, dan komitmen dalam menegakkan keadilan bagi seluruh masyarakat.

Selanjutnya : Asal Usul Rambo di Vietnam
Sebelumnya: Wallpaper di Kamar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar