Profil Negara Pakistan


Profil negara Pakistan yang merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam ini terletak di benua Asia bagian Selatan. Letak negara ini berbatasan langsung dengan negara-negara lainnya seperti India dan Afganistan. Negara pakistan atau yang kini lebih dikenal dengan nama Republik Islam Pakistan memperoleh kemerdekaan negaranya pada tahun 1947 setelah dijajah oleh Inggris.

Negara Pakistan

Negara Pakistan yang beribu kota Islamabad, terkenal dengan siklus iklimnya yang ekstrim.Hal ini sering disebut sebagai daerah tropic of cancer, yaitu dapat terjadinya perubahan iklim secara drastis.Perubahan iklim iini juga disebabakan oleh kondisi alam negara Pakistan juga kontur dataran yang dimilikinya.

Perubahan iklim yang ekstrim ini anatara lain suhu yang rendah sepanjang tahun atau musim dingin yang berkepanjangan di daerah pegunungan, serta tingginya suhu udara saat musim panas. Tentu saja ini sangat berbahaya jika terjadi lonjakan suhu yang ekstrim bagi manusia.

Bahasa sehari-hari yang digunakan oleh penduduk negara Pakistan ini adalah bahasa urdu, dan sebagaian menggunakan bahasa Inggris yang diwariskan saat Inggris menjajah Pakistan.Di negara pakistan terdiri dari berbagai etinis antara lain etnis yang berasal dari India seperti Punjabi dan Sindh, dari Iran seperti Baluch dan pathan dan adapula etnis campuran.

Kashmir, yang merupakan bagian negara pakistan ini seringkali menjadi pemicu terjadinya ketegangan antara Pakistan dan negara tetangganya yaitu India. Tidak heran sebab Kashmir merupakan tempat paling starategis yang dapat menjadi jalur darat perdagangan antar negara sekitar, juga karena kesuburan tanahnya dan melinpahnya hasil produksi pertanian. Selain karena tanahnya yang subur, Kashmir juga memiliki banyak tempat yang sangat indah pemandangannya.

Profil negara pakistan ini justru lebih dikenal karena pertikaian politik yang melanda negara ini.Perebutan kekuasaan dalam memegang pemerintahan seringkali melanda negara ini.

Banyak terjadinya pembunuhan maupun kudeta untuk menggulingkan pemerintahan yang sedang bekuasa.Perdana menteri Pakistan yang paling terkenal adalah perdana menteri wanita Benazir Bhutto yang pada akhirnya terbunuh pada saat ingin mencalonkan dirinya lagi untuk ketiga kalinya.

Selanjutnya : Paberik Badjoe - FO Terkenal di Bandung
Sebelumnya: Masalah Ekonomi di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar