Kelebihan dan Kekurangan Program Inseminasi Bayi


Bila mendengar kata bayi tentu banyak orang merasa senang dan mengharapkannya, terutama bagi pasangan yang baru menikah atau lama tidak dikaruniai momongan. Ketika menghadiri acara pernikahan, selalu ada yang mendoakan “Semoga segera dikaruniai momongan”. Bayi memang hiasan dunia yang tidak bakal ditemukan gantinya. Membuat orang yang egois menjadi begitu peduli, yang malas jadi rajin dan yang pelit menjadi tajir. Masalah timbul jika momongan tidak segera dikaruniakan kepada pasangan yang telah lama menikah atau ingin menambah momongan. Berbagai upaya dilakukan dari yang masuk akal sampai di luar nalar. Termasuk upaya masuk akal adalah dengan melakukan program inseminasi bayi. Upaya ini tingkat keberhasilannya cukup tinggi dan layak dilakukan.

Inseminasi Bayi

Inseminasi bayi atau dikenal pula dengan inseminasi buatan, adalah program rekayasa untuk membuat seorang wanita hamil tanpa harus melakukan pembuahan dalam arti sebenarnya. Prosedur ini merupakan bagian dari ART (Assisted Reproductive Technology), yaitu teknologi rekayasa kehamilan. Umumnya dilakukan untuk mengatasi masalah infertilisasi yang dihadapi oleh pasangan.

Prosedur inseminasi bayi dilakukan dengan menempatkan sperma pada saluran reproduksi wanita. Metode yang dilakukan ada dua cara, yaitu:

  1. Intracervical insemination atau ICI, yaitu sperma diletakkan pada leher rahim.
  2. Intrauterine insemination atau IUI, yaitu sperma diletakkan di dalam rahim.

Kelebihan dan Kekurangan Program dari Inseminasi Bayi

Inseminasi bayi tentunya memiliki kelebihan, sehingga menjadi salah satu solusi untuk masalah infertilisasi. Kelebihannya yaitu:

  1. Program ini cukup membantu terutama mengatasi masalah pembuahan.
  2. Program ini membantu untuk mengatasi masalah pada pasangan pria yang mengalami gangguan genetik.
  3. Tingkat keberhasilan inseminasi buatan cukup tinggi, yaitu sebesar 86 %. Kegagalan dapat terjadi dikarenakan beragam faktor.
  4. Biaya untuk melakukan program inseminasi buatan tidak terlalu tinggi dan tidak memerlukan tindakan invasif.

Selain memiliki banyak kelebihan, kekurangan program inseminasi bayi yaitu sangat mungkin disalah gunakan untuk pasangan yang tidak menikah atau sejenis. Perilaku ini tentu bertentangan dengan nilai agama manapun. Dibandingkan dengan kekurangannya, ternyata inseminasi buatan sangat layak untuk dilakukan dan dicoba.

Selanjutnya : Sifat Zodiak Menunjukkan Karakter Seseorang
Sebelumnya: Trik Permainan Sulap Tali
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar