Program Linear dengan Metode Simpleks Manajemen Operasi


Apa itu manajemen? Tentu hampir semua orang akan menjawab “pengaturan suatu organisasi”. Manajemen sangat umum dan dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat, apalagi di kalangan industri hal ini sangat diperhatikan. Manajemen tidak hanya dibahas secara umum tetapi dibagi-bagi lagi sesuai kelompoknya, seperti: manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen investasi, manajemen pergudangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen operasi. Artikel ini akan berbicara mengenai program linear dengan metode simpleks manajemen operasi.

Pengertian Manajemen Operasi

Manajemen operasi adalah mengkombinasikan seluruh sumber daya di perusahaan untuk mengolah input menjadi output yang bernilai lebih sehingga dapat menghasilkan laba.

Dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa fungsi manajemen POAC (Planning Organizing Actuating and Controlling) dilakukan secara simultan. Pekerjaan ini dilakukan di bagian processing perusahaan dan berusaha memberi nilai tambah bagi barang atau jasa yang dihasilkan. Posisi manajemen operasi sangat vital dan tidak boleh diremehkan.

Dalam usaha memberi nilai lebih atas barang dan jasa, maka perlu diperhitungkan banyak hal seperti: banyaknya tenaga kerja, jumlah bahan baku, beban yang dikeluarkan dan sebagainya. Semua kebutuhan tersebut dapat diperkirakan kebutuhannya dengan menggunakan beragam metode. Metode-metode tersebut berupa hitungan matematis yang nantinya dapat memperkirakan laba atau rugi atas proses operasi yang dilakukan atas suatu produk. Berikut adalah beberapa metode yang lazim dipergunakan dalam manajemen operasi:

Pemrogaman linear, yang dapat diselesaikan dengan beberapa cara:

  1. Aljabar
  2. Grafik
  3. Metode simpleks
  4. Perangkat lunak
  5. Analisis Pasca Optimalitas
  6. Metode dua tahap
  7. Teori dualitas dan analisis sensitivitas

Cukup banyak metode yang dapat dipergunakan, tinggal menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya akan dibahas mengenai program linear metode simpleks.

Program Linear dengan Metode Simpleks

Metode ini dilakukan dengan menyelesaikan masalah-masalah yang fisibel untuk kemudian dicari solusi optimum. Gambaran penggunaan metode simpleks adalah sebagai berikut:

maksimum z

solusi

VB

 

 

 

 

 

 

VB 1

Perhitungan nilai barisnya

maka tabel

 

 

 

 

 

 

 

variabel masuk

Contoh perhitungan simpleks di atas telah maksimal sehingga dihentikan. Demikian contoh program linear dengan metode simpleks manajemen operasi. Semoga artikel tentang program linear dengan menggunakan metode simpleks manajemen operasi ini bermanfaat.

Selanjutnya : Makna Doa Setelah Solat Istikharah
Sebelumnya: Download Driver untuk Mengatur Kecepatan Writer Saat Burning
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar