Program Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menggunakan Excel


Perpustakaan siapa yang tidak kenal. Setiap sekolah memiliki fasilitas satu ini, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah dan perguruan tinggi. Tidak hanya sekolah, institusi-institusi juga menyediakan perpustakaan untuk meningkatkan sumber daya manusianya. Salah satu yang paling banyak dibutuhkan adalah program pengelolaan perpustakaan sekolah.

Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah adalah salah satu jenis perpustakaan dengan koleksi yang lengkap, sebab pengelolaan dan pendanaannya dibawah dinas pendidikan. Dinas pendidikan memang bertanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Koleksi perpustakaan sekolah sangat beragam, seperti: sains (IPA, matematika, komputer), sosial (ekonomi, sosiologi, geografi dan sejarah), kriya atau kerajinan (lukis, patung, kerajinan), bahasa (novel, puisi, drama, komik), agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha), dan jenis yang lain termasuk koran dan majalah. Seorang siswa yang ingin berkeliling dunia, cukup masuk ke perpustakaan sekolah dan mendapatkan yang diinginkannya.

Aktivitas di dalam perpustakaan sekolah, juga cukup tinggi. Siswa keluar masuk dalam jumlah yang besar setiap harinya. Ada yang meminjam buku, sekedar membaca atau mencari tugas di perpustakaan. Aktifitas lainnya yaitu buku masuk atau bantuan buku yang diterima, pembelian buku, inventarisasi buku dan semua yang berhubungan dengan pengelolaan buku. Tingginya aktifitas tersebut tidak lagi efektif jika dilakukan secara manual dengan sumber daya manusia yang terbatas.

Program Excel untuk Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

Jawaban dan solusi untuk pengelolaan perpustakaan yang baik adalah dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini tersedianya komputer telah banyak membantu dalam pengelolaan berbagai bidang termasuk perpustakaan. Salah satu program yang dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan perpustakaan adalah microsoft excel.

Ms Excel adalah program yang selalu ada dan disertakan dalam OS windows. Di dalamnya dapat melakukan fungsi penghitungan berulang dan akumulasi, tentunya dengan keakuratan yang tidak diragukan. Program untuk masalah penghitungan sangat sedikit menghasilkan kesalahan.

Penggunaan Ms Excel mempermudah dalam pembuatan tabel untuk perpustakaan. Di dalamnya dapat dibuat mengenai daftar semua buku yang ada dan kemudian penghitungan untuk buku rusak, hilang serta penambahan buku dari bantuan diknas atau pembelian buku. Aktifitas peminjaman oleh siswa juga dapat dikerjakan dengan program ini. Keuntungan pemakaiannya adalah meningkatkan keakuratan kerja dan mempersingkat waktu. Berikut contoh aplikasi excel untuk perpustakaan sekolah:

Demikian ulasan mengenai program pengelolaan perpustakaan sekolah dengan Excel. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Karakter Suku Chaniago
Sebelumnya: Resep Makanan Praktis Cepat Saji
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar