Propinsi Termuda di Indonesia Terdapat di Pulau Kalimantan


Apakah kalian tahu berapa jumlah provinsi di Indonesia saat ini? Pada zaman dulu kita tahu bahwa di Indonesia ini ada 27 provinsi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Namun setelah era reformasi tiba ada beberapa wilayah yang dipilih sebagai provinsi baru dalam tatanan pemerintahan Indonesia. Provinsi merupakan pembagian wilayah administratif yang tergabung ke dalam pemerintahan Indonesia dan dikepalai oleh seorang Gubernur dalam mengatur pemerintahan.

Dengan dimekarkannya beberapa provinsi menjadi provinsi baru dan ditambah dengan daerah yang baru diharapkan pembangunan dapat lebih merata. Dan provinsi termuda di Indonesia terdapat di Pulau Kalimantan.

Dengan demikian di Pulau Kalimantan kita akan menemukan Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur dan yang paling barusaat ini adalah provinsi Kalimantan Utara. Adanya provinsi baru ini menambah jumlah provinsi di tanah air menjadi 34 provinsi.

Provinsi Kalimantan Utara

Penetapan Kalimantan Utara menjadi provinsi baru dan termuda secara sah terjadi pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan ibu kota provinsi terletak di Tanjung Selor. Sebagaimana namanya maka letak Provinsi Kalimantan Utara terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Secara administratif wilayah provinsi Kalimantan Utara terdapat 1 kota dan 4 kabupaten, yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung.

Sebenarnya pemekaran Kalimantan utara yang asalnya dari Kalimantan Timur ini telah dimulai sekitar tahun 2000an sampai akhirnya pada tahun 2012 terpilih menjadi provinsi baru. Mengapa Kalimantan Utara ini dibuat sebagai provnsi?

Salah satu alasannya adalah untuk mencegah hilangnya wilayah karena kurangnya penjagaan perbatasan dan wilayahnya yang sangat luas. Sehingga dengan terbentuknya provinsi ini akan menambah penjagaan dari aparat yang ada di provinsi baru ini.

Potensi Provinsi Kalimantan Utara

Pulau Kalimantan merupakan salah satu aset negara yang menyimpan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Seperti minyak, gas dan mineral begitu juga dengan Kalimantan Utara yang baru berdiri sekitar satu tahun yang lalu.

Tidak hanya kekayaan alam minyak dan gas, Kalimantan Utara juga memiliki kekayaan laut yang sangat potensial serta hutan-hutan yang sangat luas dan masih alami sehingga dapat dipakai sebagai pusat penelitian dan sekaligus mampu menghasilkan kayu alam yang banyak tentunya. Oleh karena itu dibangunnya provinsi baru ini untuk menjaga agar kekayaan alam dan sumber daya alam yang ada tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak lain dan agar adanya pemerataan pembangunan.

Semoga sumber daya alam yang ada di propinsi termuda di Indonesia terdapat di pulau Kalimantan dan tepatnya di Kalimantan Utara ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya : Puisi Kehilangan Seseorang yang Dicintai
Sebelumnya: Primbon Tanggal Haid Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar