Proposal Kegiatan Kebersihan Lingkungan Desa Sukaresmi


Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang jatuh pada awal Juli 2013 ini Desa Sukaresmi perlu melaksanakan kegiatan bersih desa agar ibadah yang akan dilakukan bisa lebih khusyuk dan nyaman. Untuk itu kami sebagai perangkat desa mengajukan proposal kegiatan kebersihan lingkungan Desa Sukaresmi.

Sebagai umat muslim kita pasti sudah mengetahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan lingkungan yang bersih dan tertata rapi maka kehidupan warga desa akan lebih nyaman. Kegiatan bersih-bersih ini akan dipusatkan di masjid sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan agar ibadah tarawih bisa dilaksanakan dengan baik. Kegiatan juga dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Waktu pelaksanaan kebersihan desa pada hari Minggu tanggal 30 Juni 2013.

Dana yang digunakan untuk pengadaan sarana kebersihan diperoleh dari kas desa Sukaresmi dan didukung oleh sumbangan dari beberapa warga. Bagi warga desa Sukaresmi yang ingin mendukung kegiatan bersih desa ini dapat menyalurkan kepada bendahara desa Sukaresmi.

Di sekitar masjid dan rumah masing-masing dihimbau untuk ditanami pohon dan tanaman bunga. Hal ini bertujuan agar lingkungan desa Sukaresmi tampak asri dan warga sekitar dapat menghirup udara segar yang bersih.

Untuk mengurangi sampah rumah tangga maka desa Sukaresmi mengadakan kegiatan daur ulang sampah rumah tangga. Sampah plastik yang sudah dibersihkan dapat dikumpulkan di gedung serbaguna desa Sukaresmi. Ibu-ibu akan dibina untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang layak pakai dan dapat dijual. Hasil dari penjualan produk daur ulang sampah ini dapat membantu meningkatkan penghasilan rumah tangga dan menambah kas desa Sukaresmi.

Penyediaan sarana kebersihan berupa tong sampah di setiap rumah akan diadakan untuk menunjang kebersihan lingkungan. Pembuatan tong sampah akan dilakukan secara bergotong royong agar tong sampah di desa Sukaresmi mempunyai warna yang seragam dan terlihat indah.

Demikian proposal kegiatan kebersihan lingkungan desa Sukaresmi kami ajukan. Kami sebagai perangkat desa Sukaresmi mohon dukungan dan partisipasi dari semua warga agar kegiatan bersih desa untuk menyambut bulan Ramadhan dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya : Teka-Teki Logika Sulit – Mengasah Kecerdasan Logis Matematis
Sebelumnya: Profil Soekarno dan Latar Belakang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar