Prosedur Kerja dalam Organisasi

Prosedur kerja tentu semua orang tahu, tetapi maksud dan arti sesungguhnya mungkin sedikit orang yang mampu menjelaskan. Artikel berikut akan membahas mengenai prosedur bekerja dalam organisasi.

Prosedur Bekerja

Loading...

Prosedur bekerja adalah tahapan-tahapan yang mengikuti alur tertentu dan terarah untuk melaksanakan suatu kerja demi mencapai tujuan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, maka prosedur dalam kerja bisa ditemukan dengan mudah di seluruh alam ini. Semua makhluk hidup memiliki prosedur dalam kerja di dalam tubuhnya dan alat-alat ciptaan manusia juga memiliki prosedur dalam kerja yang pasti. Selain manusia dan alat buatannya, semua benda di muka bumi memiliki prosedur dalam kerja yang baku sehingga tidak terjadi kerusakan di muka bumi.

Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki kesamaan dan ingin mencapai tujuan bersama. Tujuan bersama tersebut diaplikasikan dalam bentuk visi dan misi. Visi dan misi diperkenalkan kepada setiap anggota organisasi, sehingga menjadi budaya yang akan dilaksanakan terus menerus untuk waktu yang lama.

Organisasi terkecil dalam pergaulan masyarakat adalah keluarga sedang yang paling besar adalah organisasi dunia. Masyarakat suku dengan budaya tertentu juga merupakan hasil dari organisasi.

Prosedur Bekerja dalam Organisasi

Antara prosedur bekerja dan organisasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Organisasi tanpa prosedur bekerja akan menjadi suatu kendaraan rusak tanpa guna. Prosedur bekerja tanpa adanya organisasi, ibarat pisau yang tidak dimanfaatkan akan menjadi karatan.

Dalam organisasi terdapat prosedur bekerja yang baku, biasa disebut dengan SOP (Standard Operating Procedure). Adanya SOP membuat kerja yang dilakukan lebih terarah dan dapat dilakukan oleh siapa saja meski tidak ikut membuat prosedur bekerja organisasi. SOP juga membantu dalam menentukan suatu kerja sesuai yang distandardkan atau belum. Kerja di bawah standard tentu akan menghasilkan hasil yang buruk.

Prosedur bekerja yang tertuang dalam SOP merupakan objek pemeriksaan audit. Jadi audit bukan hanya melihat laporan keuangan, namun juga mengamati kesesuaian SOP dengan kerja yang dilakukan. Pada perusahaan-perusahaan seorang auditor dibekali dengan SOP yang tertulis sehingga mudah dalam mengamati kerja.

Demikian pembahasan mengenai prosedur kerja organisasi, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Macam-Macam Tema Dakwah Agama Islam
Sebelumnya: Macam-Macam Teknologi Komunikasi di Masa Kini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar