Prosedur Metodologi Penelitian Kualitatif


Penelitian kualitatif adalah penelitian yang tidak menggunakan hitungan angka dalam pelaksanaannya. Bukti-bukti atau argumen didasarkan pada tinjauan pustaka dan pengamatan. Sebenarnya bagaimana prosedur metodologi penelitian kualitatif? Jawabannya ada dalam pembahasan artikel berikut.

Prosedur dan Metodologi Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif banyak digunakan untuk pemecahan masalah sosial. Untuk melakukan penelitian kualitatif maka prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menentukan permasalahan. Tahapan ini peneliti menentukan permasalahan yang ingin dibahas. Permasalahan dapat diperoleh dari pemberitaan sekitar, studi literatur atau mengambil studi sebelumnya. Permasalahan yang sudah ditentukan menjadi topik dan nantinya sebagai judul penelitian.
  • Melakukan studi literatur. Studi literatur digunakan untuk memperoleh dasar dalam melakukan penelitian. Penelitian tanpa sumber literatur menjadi kurang ilmiah sebab banyak memasukkan pendapat pribadi di dalamnya.
  • Penetapan lokasi. Pada bagian ini penulis menetapkan lokasi dimana akan diadakannya penelitian sesuai topik yang ditulis. Penentuan lokasi harus dilakukan agar penelitian berlangsung lebih fokus.
  • Studi pendahuluan. Studi pendahuluan berfungsi untuk gambaran pemikiran atas penelitian yang dilakukan.
  • Penetapan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumen, diskusi terarah. Pada bagian ini peneliti menentukan metode pengumpulan data yang akan digunakan, menyesuaikan kebutuhan penelitian.
  • Analisa data selama penelitian. Hal ini dilakukan setelah memperoleh data di lapangan, kemudian diproses menggunakan metode yang telah disebutkan. Dari sini penulis dapat menarik kesimpulan atas penelitian yang dilakukannya. Namun pada bagian ini kesimpulannya hanya berdasarkan hasil penelitian belum dibandingkan dengan teori yang ada.
  • Analisa data setelah validasi dan reliabilitas. Pada bagian ini dilakukan perbandingan antara hasil penelitian dengan teori yang telah ada sebelumnya guna menarik sebuah kesimpulan akhir.
  • Hasil, cerita, personal, deskripsi verbal, naratif, dapat dibantu tabel frekuensi. Di sinilah laporan penelitian dibuat. Berupa narasi, penampilan data dan berbagai hal yang berhubungan dengan pembuktian penelitian yang telah dilakukan.

Demikianlah prosedur metodologi penelitian kualitatif, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : French Knots, Teknik Sulaman Benang Bunga
Sebelumnya: Mengenal Penyebab Penyakit Herves Simplex dan Obatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar