Mengenal Proses Batuk dalam Tubuh Manusia

Anda batuk? Artikel ini tidak menawarkan obat batuk tetapi membahas proses batuk, sehingga tetaplah membaca artikel ini agar bertambah pengetahuan tentang batuk.

Batuk merupakan sebuah gangguan, akan tetapi bukanlah dikatakan sebagai sebuah penyakit. Batuk merupakan sebuah proses mekanisme pertahanan tubuh yang terjadi pada daerah saluran pernafasan. Batuk biasanya merupakan sebuah gejala suatu penyakit atau terjadi suatu reaksi tubuh terhadap iritasi yang terjadi di tenggorokan atau laring. Batuk terjadi karena adanya penyumbatan terutama lendir, makanan, debu, asap dan lain sebagainya.

Batuk terjadi karena sebuah rangsangan tertentu, seperti debu yang terdapat pada reseptor batuk baik itu di hidung, saluran pernafasan bahkan telinga. Kemudian reseptor akan mengalirkan melalui syaraf menuju ke pusat batuk yang ada di wilayah otak. Untuk selanjutnya akan memberikan sebuah sinyal kepada otot-otot tubuh agar segera mengeluarkan benda asing tadi sehingga terjadilah batuk bahkan ada yang ringan atau akut serta kronis.

Ada beberapa penyebab batuk diantaranya adalah disebabkan infeksi saluran pernafasan, menghirup dan menghisap asap rokok serta masalah emosi hati.

Proses Terjadinya Batuk

Adanya toksin atau racun bisa berupa dust atau partikel asing yang masuk dalam saluran pernafasan, mengakibatkan saluran pernafasan terganggu dan efeknya terjadi sebuah batuk sekali atau berkali karena terjadi reaksi yang dilakukan oleh zat anti bodi tubuh untuk menanggapi rangsangan yang secara tidak sengaja masuk ke sistem pernafasan dalam tubuh. Proses dari batuk itu terjadi sangat cepat dan tanpa sadar atau reflex yang terjadi dalam tubuh.

Bisa disimpulkan bahwa proses terjadinya batuk adalah masuknya zat secara sengaja ke saluran pernafasan tubuh yang bersifat membahayakan, maka terjadilah reaksi yang dilakukan oleh zat anti bodi, mengakibatkan gatal-gatal disepanjang saluran pernafasan dalam tubuh untuk menghambat laju racun dan membunuhnya sehingga kontan pada tubuh keluar dahak disertai batuk yang berulang-ulang dengan wajah kemerahan dan disertai bersin dan berbunyi uhuk-uhuk. Batuk yang terlalu lama dapat membuat sakit tenggorokan.

Demikian pembahasan mengenai proses batuk yang terjadi dalam tubuh kita. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita tentang batuk.

Selanjutnya : Majalah Angkasa, Pertama dan Satu-Satunya Majalah Penerbangan Indonesia
Sebelumnya: Cara Daftar Facebook Baru di Notebook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...