Proses Pembuatan Kripik Singkong yang Renyah dan Gurih

Proses pembuatan kripik singkong sebenarnya sangat mudah untuk dipraktekkan, akan tetapi kebanyakan orang merasa tidak bisa membuat. Di sini akan kita bahas proses membuat kripik singkong.

Aneka Rasa Kripik Singkong

Proses membuat kripik singkong agar bisa terasa gurih dan renyah membutuhkan tekhnik tersendiri. Dan seluruh teknik pembuatan kripik inilah yang menentukan renyah tidaknya kripik yang dihasilkan. Kripik singkong adalah salah satu cemilan yang paling banyak digemari. Selain rasanya yang enak dan gurih, makanan ini adalah jenis makanan ringan yang mudah ditemukan di mana pun. Kripik singkong dapat dibawa kemanapun dan di saat apapun. Cemilan ini juga tidak membuat kenyang di perut sehingga tidak akan cepat bosan saat memakannya.

Ada beberapa macam rasa yang dapat dipilih saat hendak membeli kripik singkong namun yang paling favorit adalah rasa asin, rasa manis gurih, dan rasa balado pedas. Selain rasanya, harganya yang tidak menguras kantong juga menjadi salah satu alasan yang menjadikan kripik ini menjadi cemilan favorit yang disukai banyak orang.

Proses Pembuatan Kripik Singkong

Bagaimanakah proses pembuatan kripik singkong terasa renyah dan gurih? Yang paling utama terletak pada bahan dasar kripik yaitu singkong. Pemakaian bahan yang masih segar akan menghasilkan kripik yang teksturnya lebih renyah dan gurih.

Ciri-ciri singkong yang masih segar dapat dilihat dari penampilan luarnya yaitu tanah masih menempel pada kulitnya dan pangkal umbinya masih berwarna putih tidak ada garis biru kehitaman. Tips tersebut diperlukan agar kita tidak terkecoh saat hendak memilih singkong yang masih segar.

Setelah mendapatkan singkong yang masih segar, kita persiapkan bumbu-bumbunya tergantung rasa apa yang inginkan. Sedangkan untuk mendapatkan kripik singkong yang renyah, singkong segar itu kita proses terlebih dahulu yaitu dengan cara sebelum singkong dirajang tipis  kita kupas singkong terlebih dahulu lalu dicuci bersih. Singkong dirajang dengan alat perajang agar menghasilkan ukuran yang sama tipisnya dan seragam.

Selanjutnya, singkong direndan ke dalam air yang telah dicampur dengan kapur sirih. Air rendaman itu juga telah dicampur dengan bumbu halus yaitu bawang putih dan garam. Irisan singkong itu direndam kurang lebih 30 menit, lalu angkat dan tiriskan.

Sesudah ditiriskan, singkong kita keringkan namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah singkong dirasa telah benar-benar kering barulah kita persiapkan penggorengan. Singkong yang benar-benar kering akan sangat menentukan renyah tidaknya hasil kripik saat digoreng.

Untuk hasil yang maksimal maka kita memerlukan 2 penggorengan, yang satu kita isi minyak dengan suhu sedang sedangkan yang satunya kita isi minyak dengan suhu  panas maksimal. Penggorengan dengan minyak suhu sedang digunakan untuk menggoreng irisan singkong sampai stengah matang. Setelah itu kita masukkan ke dalam penggorengan dengan minyak panas dan kita goreng sampai matang. Angkat lalu tiriska. Dan dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam wadah.

Kesimpulan

Cara membuat kripik singkong memang mudah namun untuk menghasilkan kripik singkong yang gurih dan renyah membutuhkan beberapa proses dan teknik tersendiri. Pemilihan bahan dasar yang segar dan proses penggorengan yang benar adalah faktor utama yang membuat kripik terasa gurih dan renyah. Jadi, jika ingin kripik singkong kita terasa gurih dan renyah ikutilah kiat-kiat dalam proses pembuatan kripik singkong dengan benar.

Loading...
Selanjutnya : Obat Herbal Penenang Saraf
Sebelumnya: Rumah Tradisional di Tiga Provinsi Baru di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar