Pengertian Proses Produksi Melalui Teori Produksi


Pengertian dari proses produksi melalui teori produksi merupakan gabungan dari dua kata yang berbeda, yakni proses dan produksi. Proses memilki arti sebagai suatu metode atau cara yang digunakan, sedangkan produksi adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan sesuatu. Berdasarkan kedua pengertian kata tersebut, proses produksi dapat diartikan sebagai suatu cara atau metode yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu. Tentunya, di dalam sebuah proses, ada faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses produksi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya proses produksi adalah tenaga kerja, mesin, dana, dan bahan. Tenaga kerja merupakan tenaga yang digunakan di dalam suatu kegiatan selama proses produksi berlangsung. Tenaga kerja biasanya berasal dari tenaga manusia yang di dalam biaya dimasukkan ke dalam biaya produksi. Mesin juga termasuk ke dalam biaya produksi tetapi bedanya, penggunaan mesin hanyalah membutuhkan perawatan dan tidak membutuhkan gaji. Selain itu, penggunaan mesin di dalam suatu proses produksi lebih efektif dan efisien jika dibandingkan tenaga kerja.

Selain kedua faktor tersebut yang tidak kalah pentingnya juga, adalah ketersediaan bahan. Bahan yang akan digunakan dalam sebuah proses produki bisa berupa bahan mentah dan bahan setengah jadi. Bahan mentah merupakan bahan yang diperoleh langsung dari alam dan belum mengalami pengelolahan terlebih dahulu, contohnya adalah kayu dari hutan. Bahan setengah jadi adalah bahan yang diperoleh dari pengelolaan bahan mentah menjadi barang jadi tetapi belum sepenuhnya selesai, misalnya adalah kayu dari hutan yang telah dibentuk tetapi belum dijadikan apa-apa.

Kedua jenis bahan dapat mempengaruhi besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, terutama dalam sebuah proses produksi. Proses produksi memiliki peran yang cukup penting karena mampu memasok kebutuhan dari konsumen. Tanpa adanya sebuah proses produksi, kebutuhan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen tidak akan pernah terpenuhi.
Demikianlah penjelasan mengenai proses produksi melalui teori produksi.

Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda, terutama bagi Anda yang memiliki usaha dan mengalami proses produksi.

Selanjutnya : Jenis Sholat Sunnah Sesudah Sholat Wajib
Sebelumnya: Langkah Membuat Grafik Kolom Cluster Excel 2007 sebagai Teman Bekerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar