Proses Terbentuknya Batuan Beku


Proses terbentuknya batuan beku berasal dari pembekuan magma. Menurut para ahli, magma adalah cairan silikat kental yang terdapat di kerak bumi bagian bawah dengan temperatur yang sangat tinggi, dan bersifat dinamis. Jadi dapat dikatakan bahwa bahan baku batuan beku adalah magma pijar yang mengalami proses pembekuan alami.

Terbentuknya Batuan Beku

Batuan beku memiliki beberapa klasifikasi yang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Antara lain klasifikasi berdasarkan cara terjadinya, berdasarkan kandungan SiO2, dan berdasarkan indeks warna.

Dari klasifikasi berdasarkan cara terjadinya, batuan beku dibedakan menjadi effusive rock, batuan ini terbentuk di permukaan, batuan ini trekenal dengan sebutan batuan vulkanik. Ada pula dike rock yang terbentuk di dekat permukaan, deep seated rock yang terbentuk jauh di dalam bumi, batuan deep seated rock ini terkenal dengan sebutan “plutonik”.

Berdasarkan kandungan SiO2 pada batuan beku, dapat dibedakan menjadi batuan beku asam yang kandungan SiO2 lebih dari 66%, batuan beku intermediate yang kandungannya berkisar 52% hingga 66%, batuan beku basa yang kandungannya berkisar 45% hingga 52%, dan batuan beku ultra basa yang kandungannya kurang dari 45%.

Berdasarkan indeks warna, ada beberapa ahli yang membuat klasifikasi batuan beku menjadi berbeda. Menurut S.J. Hand, indeks warna tersebut membuat batuan beku terbagi menjadi leucocratis rock yang kandungan mineral mafiknya kurang dari 30%, mesococtik rock yang kandungan mineral mafiknya berkisar 30% hingga 60%, dan melanocractik rock yang kandungan mineral mafiknya lebih dari 60%.

Kemudian menurut S.J. Ellis, batuan beku terklasifikasi menjadi Holofelsic untuk batuan beku yang indeks warnanya kurang dari 10%, felsic untuk batuan beku yang indeks warnanya berkisar antara 40% hingga 70%, dan masfik untuk batuan beku yang indeks warnanya lebih dari 70%.

Menurut jenisnya, batuan beku dibedakan lagi menjadi beberapa, antara lain batuan beku dalam, batuan beku gang atau tengah, dan batuan beku luar. Dari segi struktur, batuan beku terdiri dari tujuh struktur.Struktur itu antara lain masif, fillow lava atau lava bantal, joint, vesikuler, amigdaloidal, dan xenolith.

Semoga pembahasan singkat tentang proses terbentuknya batuan beku ini menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Berbagai Ritual Suku Dayak Asli Kalteng
Sebelumnya: Cara Kerja Kincir Angin Pembangkit Listrik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar