Proses Terbentuknya Jerawat Bernanah dan Pengobatannya


Mengobati jerawat juga perlu tahu penyebabnya. Proses terbentuknya jerawat bernanah dimulai dari pori-pori yang tersumbat. Pori-pori tersebut kemudian membentuk kantung yang berisi nanah. Benjolan kantung tersebut yang kita sebut dengan jerawat. Tersumbatnya pori-pori kulit sampai membentuk sebuah jerawat bisa diakibatkan oleh beberapa hal.

Penyebab Jerawat

Penyebab munculnya jerawat antara lain yaitu:

a. Bakteri

Bakteri bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Bakteri yang berada di daerah kulit biasanya adalah p.acne. Bakteri ini dapat berkembang biak dan menyebabkan peradangan pada kulit.

b. Sel Kulit Mati

Kulit menghasilkan sel baru dan meninggalkan sel kulit mati. Sel kulit mati yang kemudian bercampur dengan kotoran akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan tersebut akhirnya dapat menjadi jerawat.

c. Minyak yang Berlebihan

Orang memiliki kadar minyak yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kulitnya. Orang yang memiliki kulit berminyak biasanya lebih mudah berjerawat. Kelebihan produksi minyak pada kulit tersebut dapat menyumbat pori-pori dan folikel rambut sehingga timbul jerawat.

d. Kosmetik

Kosmetik untuk orang yang berkulit berminyak harusnya berbeda dengan yang tidak berminyak. Kandungan minyak dalam kosmetik yang terlalu banyak juga akan dapat menimbulkan jerawat.

e. Hormon

Wanita akan lebih mudah berjerawat saat sedang mengalami masa menstruasi, mengonsumi pil KB, dan pada saat kehamilan.

f. Stres

Stres secara tidak langsung juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Stress menyebabkan timbulnya hormon tertentu yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Saat kulit sudah mulai berjerawat maka akan mulai kebingunan mencari pengobatan yang cepat sehingga jerawatnya cepat menghilang. Ada juga yang memilih untuk memencet benjolan jerawat secara paksa. Hal tersebut malah akan memperparah bekas jerawat, apalagi tangan yang digunakan juga sering tidak bersih.

Pengobatan jerawat ada bermacam-macam, tergantung jenis dan penyebab jerawat itu sendiri. Berkonsultasi ke dokter kulit juga bisa dilakukan untuk mengetahui pengobatan yang cocok untuk jerawat yang diderita.

Pencegahan munculnya jerawat perlu dilakukan jika ingin tidak bermasalah dengan jerawat. Makan-makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan dapat berdampak baik bagi kulit.

Minum air putih juga merupakan salah satu pencegahan untuk berbagai penyakit salah satunya jerawat ini. Proses terbentuknya jerawat bernanah yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori dapat kita minimalisir dengan pola hidup yang lebih sehat.

Selanjutnya : Bagian-bagian dari Speaker (Hardware) Beserta Fungsi Masing-masing
Sebelumnya: Proses Akulturasi Budaya di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar