Proses Terjadinya Batuan Beku Sedimen Metamorf


Proses terjadinya batuan beku sedimen metamorf akan dijelaskan secara ringkas berikut ini. Sesuai dengan proses terbentuknya, ada 3 macam batuan yang menjadi penyusun lapisan kerak bumi yakni batuan beku atau vulkanik, batuan endapan atau sedimen serta batuan malihan atau metamorf.

Setiap jenis batuan membawa ciri khasnya masing-masing baik dalam hal bentuk, kekerasan, warna, maupun mengkilap tidaknya permukaannya. Perbedaan ini muncul karena bahan-bahan yang terkandung dalam batuan tersebut juga berbeda. Ada batuan yang mengandung platina, ada yang mengandung emas, ada yang terdapat belerang di dalamnya dan sebagainya.

Proses Pembentukan Batuan

Proses terbentuknya 3 macam batuan ini juga berbeda-beda seperti dijelaskan berikut ini:

a. Batuan Beku atau Vulkanik

Batuan vulkanik ini terbentuk dari magma yang sudah dingin dan mengeras yang terjadi melalui proses kristalisasi, baik yang berada diatas permukaan sebagai batu vulkanik maupun dibawah permukaan sebagai batuan plutonik. Sedangkan magmanya sendiri dari batuan setengah cair ataupun yang sudah terbentuk yang ada di kerak bumi maupun mantel bumi. Proses pelelehan terjadi karena beberapa sebab diantaranya adanya tekanan yang mulai berkurang, temperatur yang meninggi atau karena ada perubahan pada komposisinya.

b. Batuan Endapan atau SedimenĀ 

Batuan ini dapat terbentuk melewati 3 cara yakni melalui pelapukan batuan lain, pengendapan akibat proses biogenik serta pengendapan dari larutan. Contoh batuan ini adalah batu pasir dan batu kapur. Batuan sedimen ini mengisi sekitar 75 persen dari luas permukaan bumi

c. Batuan Malihan atau Metamorf

Proses batuan malihan terjadi pada suhu lebih dari 150 derajat celcius. Dengan suhu sebesar ini, maka berlaku proses secara kimiawi dan fisika sehingga terbentuk batuan metamorf atau batuan malihan. Contoh dari batuan ini adalah asbak, marmer serta skist. Batuan metamorf ini menjadi penyumbang terbesar pada penyusunan kerak bumi. Batuan ini terbentuk jauh dibawah permukaan bumi karena adanya tekanan batuan yang ada di atasnya serta tekanan panas yang tinggi. Batuan malihan dibedakan atas beberapa jenis, yakni batuan metamorf kontak, batuan metamorf dynamo serta batuan metamorf kontak pneumatolistis.

Demikian sekilas tentang proses terjadinya batuan beku sedimen metamorf.

Selanjutnya : Cara Membuat Pidato Tema Gotong Royong
Sebelumnya: Puisi tentang Kekaguman terhadap Karya Penciptaan Tuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar