Proses Terjadinya Hallo Matahari

Proses terjadinya hallo merupakan pertanyaan banyak orang saat ini setelah melihat fenomena terbentuknya bayangan berbentuk cincin pada matahari. Beberapa waktu lalu banyak orang menyaksikan fenomena ini di dalam televisi atau internet?

Ternyata jika melihat lebih jauh ke dalam ilmu pengetahuan maka akan ditemukan di sana penjelasan singkat bahwa fenomena tersebut sebenarnya hampir sama dengan terbentuknya pelangi di langit. Hanya saja pelangi memiliki spektrum warna sehingga mudah kelihatan sedangkan hallo matahari lebih kabur.

Jadi ini sebenarnya bukan hal baru di dalam ilmu pengetahuan. Dapat dijelaskan fenomena hallo adalah suatu fenomena terbentuknya lingkaran bayangan di sekitar matahari sebagai akibat dari refleksi dan refraksi cahaya matahari oleh kristal-kristal es di dalam awan cirrus.

Proses Terjadinya Fenomena Hallo Matahari

Adapun proses terjadinya hallo dijelaskan secara sederhana sebagai berikut; sinar matahari melewati lapisan awan yang mengandung partikel air di atmosfer lalu mengalami pembiasan oleh partikel air tersebut. Pada musim hujan fenomena ini berpotensi terbentuk karena uap air meningkat jumlahnya di atmosfer. Umumnya uap air terdapat di dalam awan Cirrus lalu ketika pergeseran cahaya melaluinya awan Cirrus akan merefleksikan dan merefraksikan cahaya tersebut sehingga terbentuklah suatu cincin tak berwarna di sekitar matahari.

Memang pada dasarnya hal ini mirip dengan terjadinya pelangi, hanya saja pembiasannya yang membentuk pelangi memiliki spektrum warna di dalam kristal air. Ada pula penjelasan bahwa pembentukan hallo terjadi di lapisan troposfer. Uap air yang naik ke atmosfer pada musim hujan meningkat jumlahnya sehingga mencapai lapisan troposfer yakni ketinggian 10 sampai 40 kilometer dari permukaan bumi.

Ini menyebabkan penurunan suhu di troposfer dengan mencapai 30-40 derajat celcius dan uap air menjadi kristal. Ketika cahaya matahari masuk, kristal air di troposfer memantulkannya lalu terbentuklah lingkaran di sekitar matahari.

Fenomena Hallo Juga Terjadi Pada Bulan

Fenomena hallo ternyata tidak hanya terjadi pada matahari. Pada bulan dapat terjadi hal yang sama apabila memiliki faktor uap air seperti yang terjadi pada matahari. Bila kita dapat menerima pelangi sebagai suatu keindahan maka fenomena hallo juga merupakan keindahan pula.

Sering muncul ketakutan bahwa hallo matahari merupakan pertanda munculnya bencana. Budaya dan pengetahuan seringkali memang tidak seiring dan sejalan. Oleh karena itu, sebagai manusia kita berserah saja keadaan kita kepada Tuhan dan tidak usah menduga-duga. Penjelasan tentang proses terjadinya hallo semoga dapat membantu kita bahwa itu merupakan suatu hal yang fajar seperti halnya pelangi.

Selanjutnya : Puisi Kangen Bahasa Jawa
Sebelumnya: Memberikan Pupuk Yang Benar Untuk Sawit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...