Proses Terjadinya Offside dalam Permainan Sepak Bola

Dahulu, permainan sepak bola tidak mengenal istilah offside. Dalam perkembangannya, pada tahun1985 istilah tersebut mulai dipromosikan oleh sebuah tim sepak bola, yaitu Sheffield FC. Tim tersebut menggunakan aturan offside dalam setiap pertandingan bolanya. Hingga saat ini, aturan tersebut digunakan oleh seluruh tim sepak bola di dunia.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terfavorit dengan penggemar terbanyak di dunia. Sepak bola merupakan permainan yang gampang-gampang susah. Banyak aturan main yang harus dipatuhi oleh para pemainnya. Salah satu aturan yang sering membuat pemain kesal adalah offside.

Loading...

Definisi Offside

Offside adalah salah satu bentuk pelanggaran dalam sepak bola. Seorang pemain dinyatakan offside apabila menerima umpan bola dari seorang rekan ketika berada di dekat gawang lawan, tetapi posisinya berdiri melebihi posisi pemain lawan. Keadaan seperti itulah yang menyebabkan terjadinya offside dalam permainan sepak bola.

Pelanggaran

Setiap pelanggaran tentu membuahkan sanksi. Namun, sanksi yang dijatuhkan bukan berupa kartu kuning atau merah. Jika seorang pemain terkena offside, maka wasit pertandingan akan meniup peluitnya dan menghentikan pertandingan sejenak. Jika pemain tersebut mencetak gol ke gawang lawan dalam posisi offside, maka golnya dianggap tidak sah dan akan dianulir wasit.

Pada mulanya, kata ‘offside’ beawal dari istilah off the strength of his side. Istilah yang berarti status bebas tugas ini dulunya digunakan dalam bidang kemiliteran. Seorang prajurit yang bebas tugas berarti tidak memiliki tanggung jawab lagi dalam pekerjaannya. Dengan kata lain, ia sudah diberhentikan dari pekerjaannya. Istilah tersebut menjadi inspirasi dalam dunia olahraga.

Di bidang olahraga, aturan offside awalnya digunakan dalam sebuah permainan olahraga rugby. Olahraga ini memiliki aturan yang hampir sama dengan sepak bola, dimana pemain tidak boleh berdiri di hadapan gawang lawan untuk menyambut umpan rekannya.

Aturan ini kemudian diberlakukan dalam olahraga sepak bola. Inggris merupakan salah satu negara yang lebih dulu memakai aturan tersebut, yaitu sekitar tahun 1800. Jika dalam kemiliteran pelakunya di-nonaktifkan, dalam sepak bola pertandingan hanya akan dihentikan sejenak.

Peraturan offside tentu saja sangat memberikan manfaat bagi dunia sepak bola. Dengan aturan tersebut, sepak bola menjadi lebih menarik dan tidak ada tim yang dirugikan. Selain itu, para pemain tidak bisa berdiri seenaknya dan dituntut untuk lebih jeli dalam mencari posisi yang bebas offside.

Kini, proses terjadinya offside dalam permainan sepak bola telah dipahami dan dipatuhi oleh semua penggila bola. Aturan tersebut sengaja dibuat bukan untuk membebani para pemain melainkan agar mereka bermain secara fair dan sportif sehingga permainan menjadi lebih indah.

Loading...
Selanjutnya : Resep Dessert Khas Indonesia yang Mudah Dibuat
Sebelumnya: Tiga Film Perang Berdasarkan Kisah Nyata
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar