Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan


Gosipnya, jurusan ekonomi pembangunan sepi peminat karena tidak ada yang tahu akan kerja apa setelah lulus dari jurusan ini nantinya. Tapi, itu hanya gossip belaka. Faktanya, ada banyak sekali prospek kerja ekonomi pembangunan yang ditawarkan oleh jurusan ini, baik di bidang pemerintahan (PNS) maupun di sektor swasta. Nah, jika ingin masuk jurusan ini tapi masih galau dengan berbagai hal, yuk simak dulu info berikut.

Apa Itu Ekonomi Pembangunan?

EkonomiĀ  pembangunan adalah salah satu jurusan di bawah naungan fakultas ekonomi. Dia merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari isu-isu tentang ekonomi dan pembangunan sosial di negara berkembang. Jurusan ini dimaksudkan untuk membentuk generasi-generasi muda yang lebih baik dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan masalah-masalah ekonomi negara, seperti: ekonomi bisnis, peningkatan ekonomi masyarakat, dan masalah-masalah ekonomi yang berkaitan dengan pembangunan sosial di negara berkembang.

Apa yang Dipelajari Mahasiswa Ekonomi Pembangunan?

1. Teori ekonomi

Di jurusan ini, kita akan belajar tentang sejarah ekonomi hingga terciptanya berbagai teori ekonomi yang melatarbelakangi perkembangan ekonomi modern.

2. Ekonomi makro

Di sini, kita juga akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat umum. Ekonomi makro ini diperlukan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang dapat memengaruhi hajat hidup orang banyak, seperti kenaikan harga bahan pokok, subsidi BBM, dan lain-lain.

3. Ekonomi mikro

Ekonomi mikro lebih berhubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan rumah tangga konsumen atau perusahaan. Pengetahuan ini dibutuhkan untuk menentukan kebijakan perusahaan dan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan ketika hendak menentukan upah minimum pegawai.

Apa Harapan dari Lulusan Ekonomi Pembangunan?

  • Lulusan diharapkan mampu memecahkan masalah ekonomi dengan pendekatan ilmiah dan penalaran analitis yang logis.
  • Mampu menguji prediksi ekonomi dengan menggunakan teori dan teknik dasar ilmu ekonomi serta dapat menerapkan analisis ekonomi terhadap berbagai isu ekonomi.
  • Dapat mengevaluasi kaitan antara kebijakan pemerintah dengan dunia usaha dengan pemahaman yang menyeluruh.
  • Mampu mengomunikasikan analisis ekonomi di berbagai media maupun dalam jurnal-jurnal ilmiah.

Prospek Kerja Bidang Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja ekonomi pembangunan cukup besar di kancah pemerintahan maupun swasta. Di bidang pemerintahan, lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di BPK, Bappenas, BI, Perguruan tinggi, atau di lembaga-lembaga penelitian. Bisa sebagai asisten peneliti, asisten analis kebijakan, guru, dosen, asisten dosen, analis data, analis pasar, analis bisnis, dan analis keuangan. Di sektor ekonomi dan swasta, lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai BUMN dan bank-bank serta menjadi pengamat ekonomi dan bisnis.

Selanjutnya : Cerita Malam Puisi
Sebelumnya: Peran K3 dalam Lingkungan Kerja Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar