Kandungan Gizi dan Banyaknya Protein Dalam Kentang


Kentang adalah salah satu makanan populer di Indonesia. Dari mulai pasar kecil sampai supermarket banyak yang menjual kentang. Meskipun kondisi iklim di Indonesia tidak cocok dalam membudidayakan kentang, namun kentang tetap saja tumbuh karena banyak orang yang menyukai makanan ini.

Makanan yang berupa umbi batang ini ternyata mengandung gizi yang baik dalam tubuh. Protein dalam kentang, misalnya, kandungan gizi tersebut merupakan salah satu gizi terbaik yang dihasilkan dari kentang.

Di dalam kentang, selain protein terdapat kandungan gizi lain yang cukup bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah fosfor, serat, zat besi, dan kalsium.

Tidak hanya dalamnya yang mengandung gizi, bagian luar kentang atau bagian kulit kentang ternyata tersimpan polifenol. Kegunaan polifenol sangat, selain sebagai antioksidan yang menetralisasikan radiasi bebas yang merusak sel tubuh, kulit luar kentang juga ternyata dapat mencegah sel-sel kanker berkembang biak dalam tubuh.

Manfaat kentang juga sangat beragam. Misalnya, kentang ternyata mampu membuat kinerja otot menjadi optimal, jaringan tubuh menjadi tidak kaku, dan sangat baik dalam mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, jika kentang dimakan secara teratur, maka manfaat yang dihasilkan pun cukup baik. Salah satu manfaat besar jika mengonsumsi kentang secara teratur adalah sel kulit yang berubah, sehingga tampak lebih muda. Kentang juga berguna dalam mengobati asam urat,  ginjal, sistem lambung, serta kesehatan liver.

Kentang memang makanan yang tinggi gizi. Termasuk proteinnya yang banyak. Namun, jika ingin mendapatkan lebih banyak protein di dalam kentang, maka yang paling baik adalah dengan memanggang kentang.

Kentang yang dipanggang menurut beberapa penelitian lebih banyak mengandung protein. Selain itu, terdapat juga kandungan seperti vitamin B-6 dan vitamin C, Magnesium, potasium, dan folat pun terdapat dalam kandungan kentang panggang.

Namun, meskipun kentang panggang memiliki lebih banyak protein, bukan berarti diperbolehkan untuk mengonsumsinya tiap hari. Sebaiknya mengonsumsi kentang panggang perlu diatur dengan baik.

Kandungan gula darah dalam kentang panggang cukup berbahaya bagi tubuh jika dimakan terlalu banyak. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai kandungan protein dalam kentang yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Selanjutnya : Gambar Siklus Batuan
Sebelumnya: Berbagai Jenis Usaha Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar