Protein yang Bagus buat Murai Batu


Demi kelangsungan hidup perlu memperhatikan makanan yang baik dalam hal ini protein yang bagus untuk murai batu sebagai salah satu jenis burung yang berbeda dengan burung lainnya. Dari segi tempat hidup burung murai batu pun biasanya dipelihara dengan baik di dalam sangkar yang bersih untuk sangkar kita bisa mempunyai pilihan yaitu berbentuk bulat ataupun bisa juga yang lonjong. Ukuran sangkar kotak berukuran 50 x 50 x 75 cm dan yang berukuran bulat umumnya mempunyai diameter 50 cm atau 60 cm.

Makanan yang baik mempunyai pengaruh yang luar bisaa dalam proses pertumbuhan burung murai batu. Pemberian makanan pun haruslah bervariasi agar nutrisi yang dibutuhkan bisa terpenuhi. Jenis makanan yang diberikan bisa dalam bentuk karbohidrat, protein dan vitamin seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, C dan K3 dan zat lainnya yaitu D-L Methionine, I-Lisin HCL, Ca-D, Folid Acid merupakan jenis dari vitamin B.

Makanan untuk burung murai batu di antaranya adalah:

1. Voer. Pilihlah voer dengan protein yang sedang berkisar 12% s/d 18%. Voer harus selalu kita siapkan di dalam wadah yang sudah dipersiapkan dari awal dan sebaiknya voer diganti setiap dua hari sekali. Harga voer yang mahal tidak selalu berpengaruh pada kualitas makanan yang baik untuk murai batu tetapi yang harus diperhatikan adalah kadar proteinnya agar sesuai dengan alat pencernaannya.

2. EF (ekstra fooding) adalah makanan tambahan yang sangat dibutuhkan oleh murai batu seperti orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, belalang, kelabang, dan lain-lain. Berilah makanan tambahan ini pada murai batu dengan memperhatikan karakter pada burung tersebut.

Burung akan mengalami satu masa yang disebut masa mabung pada saat itu pemeliharaan burung membutuhkan perhatian yang lebih agar bulu tidak mudah patah dan rusak dikarenakan pada masa itu protein wajib diberikan lebih banyak seperempat dari total protein yang seharusnya diberikan. Bertambahnya penyerapan protein ini dikarenakan bulu yang sudah rusak tadi akan mengalami pergantian pada masa mabung tersebut.

Dengan baiknya pemberian makanan pada burung murai batu diharapkan kita bisa lebih mengantisipasi pada pertumbuhan burung tersebut. Pemilik burung harus tetap memberikan protein yang bagus buat murai batu agar burung dapat tumbuh lebih lama dan tentunya menjadi kebanggaan pada pemiliknya.

Selanjutnya : Bagaimana Cara Mengungkapkan Perasaan
Sebelumnya: Jenis-jenis Kamera Canon dan Keunggulannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar