Mengenal Provinsi Terkaya di Indonesia


Di manakah provinsi terkaya di Indonesia? Indonesia merupakan negara yang “gemah ripah loh jinawi” itu yang biasa kita dengar selama ini bahkan tidak hanya itu Indonesia pun mempunyai kekayaan alam dalam bentuk tambang seperti emas, batu bara dan lain-lain. Kekayaan alam Indonesia ini bisa dikatakan hampir menyebar di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke. Mari kita lihat beberapa provinsi terkaya di Indonesia.

Nanggro Aceh Darussalam (NAD)

Aceh dengan julukan Serambi Mekah memiliki kekayaan alam yang cukup fantastis bayangkan saja Aceh mempunyai kekayaan alam minyak bumi. Berdasarkan penelitian dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dan Jerman diketahui di Aceh terdapat minyak (hidrokarbon) sekitar 107,5 – 320,79 miliar barel yang ditemukan di daerah perairan timur laut Pulau Simeuleu, Aceh. Dapat kita bayangkan Aceh mempunyai kekayaan alam yang tidak kalah dengan negara Arab Saudi yang selama ini kita kenal sebagai produsen minyak dunia yang mempunyai kandungan minyak sekitar 264, 21 miliar barel.

Industri besar yang terdapat di Aceh yaitu:

  1. PT. Arun
  2. PT. PIM
  3. PT. AAF
  4. Lafarge Semen Andalas
  5. Exxon Mobil
  6. CALTEX

Riau

Kelebihan Riau adalah kekayaan alam yang berlimpah seperti minyak bumi, gas bumi, emas, dan lain-lain tidak hanya itu sumber daya alam di bidang pertanian dan perkebunannya pun memberikan hasil yang sangat mengembirakan.

Kalimantan Timur

Kalimantan Timur dikenal sebagai penghasil minyak, gas bumi dan juga penghasil batu bara. Kekayaan alam Kalimantan Timur ini sebetulnya tidaklah kalah dengan negara Brunei Darussalam.

Meski Indonesia mempunyai kekayaan alam yang berlimpah namun sangat disayangkan kekayaan alam itu belum bisa sepenuhnya dipergunakan untuk meningktkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Bisa dikatakan hampir 90% kekayaan alam itu dikuasai perusahaan asing  seperti Total, ExxonMobil, Vico, ConocoPhillips, BP, Petrochina, Chevron, dan lain-lain.

Tidak hanya itu barang tambang pun belum bisa kita oleh dengan baik di mana perusahaan asing telah menguasainya sehingga kekayaan alam Indonsia ini belum dapat dinikmati oleh rakyat karena keuntungannya lebih dinikmati oleh perusahaan asing.

Itulah beberapa provinsi terkaya di Indonesia, semua itu bisa menjadi pemacu untuk kita semua bagaimana caranya kita bisa menjadi tuan rumah di dalam negara kita sendiri.  Bagaimana kita bisa menikmati kekayaan alam yang ada demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Selanjutnya : Pemecahan Suatu Masalah Sesuai dengan Metode Ilmiah
Sebelumnya: Peranan Radio Dalam Puncak Lagu Eropa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar