Pengetahuan tentang Psikologi Remaja Putri

Pengetahuan tentang psikologi remaja putri memang sangat penting. Pemahaman tentang psikologi anak harus dipelajari oleh orang tua. Bagi Anda yang memiliki putri menginjak usia remaja, sebaiknya perlu pengetahuan tentang  psikologi putri Anda. Dengan demikian, hubungan Anda dengan putri Anda akan menjadi lebih harmonis, dan semakin erat karena Anda bisa mengerti perkembangan psikologi putri Anda.

Usia remaja merupakan usia yang sangat labil dan butuh pengawasan ekstra dari orang tua. Masa remaja merupakan masa mencari jati diri dan masa mencoba akan hal-hal yang baru. Oleh karena itu, anak-anak yang sudah menginjak usia remaja membutuhkan teman curhat untuk berbagi, terutama pada remaja putri. Berikut ini akan lebih dijelaskan lagi tentang psikologi dari remaja putri.

Masa Perkembangan Primer pada Remaja Putri

Masa remaja merupakan masa perkembangan psikologi secara primer maupun sekunder. Remaja putri memiliki ciri-ciri perkembangan secara primer maupun secara sekunder pada  usia menginjak remaja.

Perkembangan primer pada putri ditandai dengan perkembangan hormon yang mulai bekerja dan alat reproduksi yang sudah mulai matang. Pada perkembangannya remaja putri akan mulai mengenal proses menstruasi. Ketika alat reproduksi putri sudah matang, maka ovarium akan menghasilkan ovum.

Jika ovum tidak dibuahi, maka akan terjadi proses menstruasi. Psikologi remaja putri saat terjadi siklus menstruasi akan timbul rasa sensitif seperti cepat tersinggung, dan cepat marah. Rasa emosional yang tinggi saat menstruasi merupakan hal yang wajar. Sebenarnya pengertian dari menstruasi adalah proses meluruhnya dinding rahim dan sel telur akibat karena tidak dibuahi oleh sel sperma.

Hormon yang berpengaruh pada perkembangan remaja putri yaitu hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen akan memicu terjadinya menstruasi, sedangkan hormon progesteron berpengaruh pada saat masa subur dan proses kehamilan. Perubahan emosional yang terjadi saat proses menstruasi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh hormon estrogen. Oleh karena itu, ketika putri Anda sedang mengalami menstruasi, jangan heran jika sering uring-uringan dan sangat sensitif.

Masa Perkembangan Sekunder pada Remaja Putri

Perkembangan primer dan sekunder pada remaja putri saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Setelah Anda mengetahui perkembangan primer pada remaja putri, berikut ini akan dijelaskan tentang perkembangan sekunder yang akan diperlihatkan oleh remaja putri. Perkembangan sekunder sebenarnya merupakan perkembangan fisik yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.

Remaja putri akan mulai merasakan pertumbuhan baru pada bagian tubuhnya. Pertumbuhan itu dimulai dari mulai tumbuhnya payudara menjadi lebih besar, bagian panggul mulai membesar, kulit menjadi halus, mulai tumbuh rambut-rambut halus di sekitar alat kelamin dan ketiak, dan lain sebagainya.

Pada perkembangan masa remaja putri, juga akan mulai tertarik dengan lawan jenis, suka berdandan, menjadi pemalu dan pendiam, ingin diperhatikan, lebih berperasaan dan lain sebagainya. Dengan demikian peran Anda sebagai orang tua sangat penting untuk memberikan pengawasan terhadap putri Anda yang sedang menginjak usia remaja.

Demikian informasi yang menjelaskan tentang psikologi remaja putri. Semoga informasi ini dapat memberikan Anda pengetahuan tentang psikologi dari remaja putri Anda, sehingga Anda sebagai orang tua bisa memahami karakternya.

Selanjutnya : Wallpaper Gambar Akuarium Bergerak
Sebelumnya: Hubungan Inflasi dengan Pengeluaran Pemerintah dan Berbagai Dampak yang Ditimbulkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...