Puisi Bahasa Inggris tentang Guru yang Indah dan Penuh Makna

Sebagai tokoh teladan, tidak ada salahnya memberikan penghargaan berupa puisi bahasa Inggris tentang guru atau pengajar di sekolah. Sebab bagaimanapun juga guru punya jasa yang teramat besar dalam mencerdaskan murid-muridnya melalui pendidikan yang mereka berikan. Melalui puisi bahasa Inggris tersebut, bisa disampaikan rasa terimakasih maupun kekaguman siswa pada mereka.

Membuat Puisi dalam Bahasa Inggris

Membuat karya sastra berupa puisi dalam bahasa Inggris harus selalu memperhatikan diksi atau katan yang dipilih dan dipakai. Sebab puisi yang ditujukan kepada guru harus penuh dengan nilai kesopanan dan penghormatan. Jika terjadi kesalahan dalam pemilihan kata, tentu bisa membuat perasaan menjadi kurang nyaman.

Dalam bahasa Inggris karya puisi disebut sebagai poem atau poet. Perlu diketahui, bahwa bahasa Inggris ini mempunyai tata bahasa atau grammar yang sangat berbeda dengan tata bahasa yang dimiliki oleh bahasa Indonesia.

Karena itu dibutuhkan tingkat ketelitian yang lebih tinggi dalam memilih kata serta penyusunan kalimatnya. Dan yang tidak kalah penting adalah harus tetap menggunakan daya imajinasi atau khayal agar puisi yang dihasilnya bisa terlihat harmonis dan indah saat dibaca atau dinikmati.

Meski terlihat lebih sulit, namun bukan berarti membuat puisi bahasa Inggris tentang guru jadi pekerjaan yang tidak bisa dilakukan. Hal ini justru bisa menjadi tantangan untuk membuat karya yang lebih bermakna yang dipersembahkan bagi sang guru. Sebagaimana diketahui, puisi itu bukan sebagai susunan kalimat yang baku melainkan untaian dan rangkaian kata yang maknanya lebih sering tersirat dibanding dengan yang tersurat.

Contoh Puisi untuk Guru dalam Bahasa Inggris

Jika masih merasa bingung dan belum mengetahui cara membuat puisi bahasa Inggris yang baik dan akan dipersembahkan untuk guru yang dicintai, berikut ini ada sebuah contoh yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Puisi ini merupakan karya seorang murid bernama Kevin William Huff.

puisi

Jika diperhatikan dengan seksama, sebagian besar rangkaian kata-kata yang dipakai dalam puisi tersebut bukan merupakan kata-kata yang sulit dipahami artinya. Sehingga maknanya juga sangat mudah diketahui.

Meski demikian puisi ini tetap ditulis dengan tingkat kreatifitas dan penuh dengan ketulusan hati dan menyatakan bahwa guru merupakan sahabat terbaik yang diciptakan oleh Tuhan bagi murid-muridnya. Selain itu pencipta puisi ini juga menganggap guru adalah sosok yang membantunya, sehingga mampu mencari jalan kehidupan yang terbaik sekaligus menjadikan orang yang kuat.

Agar sesuai dan selaras dengan tujuan dan maksudnya, saat membuat puisi memang harus dapat menentukan tema lebih dulu. Misalnya puisi yang ingin menyebutkan apabila guru merupakan pahlawan besar dan sebagainya.

Barulah setelah itu disusul dengan eksplorasi perasaan yang ingin diungkapkan melalui puisi itu. Setelah jadi dan tertulis dengan bahasa yang indah, kemudian bisa memilih judul yang dirasakan paling pas dan mengena, sesuai dengan tema dalam karya tersebut.

Agar bisa membuat puisi bahasa Inggris tentang guru yang lebih indah dan punya makna tinggi, harus rajin berlatih. Jika tekun berlatih dan mempraktekannya secara langsung, lama kelamaan kata-kata yang mau dipilih dapat mengalir dengan sendirinya, sebagaimana perasaan yang ingin disampaikan.

Selanjutnya : Mengenal Organ Gerak pada Manusia
Sebelumnya: Penggunaan Jeruk Nipis Pada Wajah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...