Puisi Bencana Alam


Puisi bencana alam selalu berkesan sarat akan korban di mana-mana apalagi jika bencana alam itu dalam wilayah yang lebih besar dan luas. Bencana alam adalah akibat buruk dari suatu peristiwa yang disebabkan oleh ketidakmampuan manusia untuk memelihara dan menjaga lingkungannya sehingga berakibat pada kerugian baik secara materiil dan secara moril.

Bentuk-bentuk bencana alam misalnya adalah gunung merapi, gempa bumi, tsunami, tanah runtuh, angin topan, dan lain-lain. Bencana alam bisa terjadi kapan saja, di mana efek dari bencana alam selain kerusakan di mana-mana, tangis air mata, banyak kehilangan, dan kerugian besar bagi yang terkena bencana.

Banyak bencana alam yang bisa terjadi karena tidakterlepas dari campur tangan manusia, di mana manusia sudah mulai lupa bahkan terkesan tidak peduli untuk menjaga kelestarian lingkungan, akibatnya bencana alam dapat terjadi tanpa diketahui.

Adapun bahasa kiasan yang bisa kita gunakan dalam puisi adalah: perbandingan (smile), metafora, perumpamaan epos (epic smile), personifikasi, metonimi, sinekdoki (synecdoche), dan alegori.

Aspek penting dalam puisi meliputi:

1.    Gaya bahasa yang digunakan

Gaya bahasa adalah cara untuk menuangkan pikiran dengan menggunakan bahasa yang unik yang menunjukkan perasaan si pembuat puisi tersebut. Gaya bahasa berdasarkan pilihan kata yang pas, di sini dibagi menjadi:

a.    Gaya bahasa dibuat dalam bentuk yang resmi

Gaya bahasa yang dari segi bentuknya  dibuat untuk hal-hal yang resmi terutama untuk pidato-pidato penting, amanat kepresidenan, serta berita negara.

b.    Gaya bahasa yang dibuat tidak resmi.

Gaya bahasa yang di pergunakan untuk bahasa-bahasa standar dan umumnya dipakai untuk hal-hak yang tidak resmi.

c.    Gaya bahasa percakapan

Gaya bahasa yang digunakan biasanya lebih pada kata-kata yang populer dan kata-kata yang bisaa dipakai di dalam percakapan.

Semoga pembahasan puisi bencana alam di atas bisa kita ambil benang merahnya dan adanya keinginan yang kuat untuk memelihara lingkungan hidup.

Selanjutnya : Model Pembelajaran untuk SD
Sebelumnya: Obat untuk Mata Bayi yang Belekan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar