Puisi dan Analisis Majasnya


Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang dibuat oleh sastrawan. Puisi saat ini sudah tidak asing lagi di telinga khalayak umum. Banyak keungulan pada puisi jika dibandingkan dengan karya satra lainnya. meskipun tidak jarang orang mengungkapkan puisinya dalam bentuk yang kurang dimengerti sebagian orang. Karena itu dalam membuat puisi harus memilih kata yang mudah dimengerti orang lain.

Jenis – Jenis Puisi

Banyak jenis puisi yang dihasilkan oleh satrawan Indonesia. Jenis – jenis itu sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang semakin berkembang. Dan juga bahasa dan alirannya yang semakin banyak.

Mengapa Puisi Sekarang Banyak yang Peminatnya

Karena banyak orang yang menggunakan puisi sebagai daya tarik tersendiri. Seperti yang sering dilakukan oleh anak remaja sekarang. Yang membuat puisi untuk seseorang yang dicintainya untuk mewakili perasaan hatinya. Meskipun puisi saat ini sangat tidak asing lagi dengan penggunaan kata “cinta” dan sejenis itu. Selain itu, lagu yang dibuat oleh musisi dan penyanyi itu merupakan bagian dari puisi. Dikatakan demikian karena puisi tersebut diciptakan dan disebarluaskan melalui media musik atau musikalisasi puisi.

Majas yang Banyak Digunakan dalam Puisi

Majas yang sering digunakan yaitu personifikasi, hiperbola, asosiasi dan metafora. Karena mereka tidak ingin menuliskan secara langsung tentang orang yang ditulis.

Cara Membuat Karya Puisi

Cara membuat puisi adalah tuliskan apa yang sedang anda rasakan atau berdasarkan pengalaman teman anda. Kemudian buatlah seperti saat anda menceritan sebuah kejadian pada teman anda.

Perbedaan Puisi dan Pantun

Perbedaannya terdapat dalam sajaknya. Sajak pada pantun harus menggunakan a-b-a-b sedangkan puisi tidak harus a-b-a-b. karena puisi modern tidak menggunakan sajak aaaa atau yang sering yaitu yang acak tetapi tetap sealur.

Mengidentifikasi Majas dalam Puisi

Cara untuk mengidentifikasi puisi yaitu anda harus mengetahui jenis dan pengertian majas tersebut. Untuk diaplikasikan menjadi sebuah tulisan seperti puisi. Misalnya penggunaan majas hiperbola itu digunakan untuk kalimat yang melebih – lebihkan suatu masalah. Dan ada juga personifikasi yang intinya perbandingan suatu benda dengan benda mati.

Jenis – Jenis Majas pada Puisi

Majas dibagi empat yaitu majas perbandingan, pertentangan, sindiran dan penegasan. Dari jenis – jenis tersebut masih dibagi menjadi beberapa. Dalam majas perbandingan terdapat beberapa bagian yaitu asosiasi, metafora, personifikasi, alegori, simbolik, metonimia, sinekdok, dan simile.

Selanjutnya : Mengenal Lebih Dekat Teknik Melukis Menggunakan Air
Sebelumnya: Resep Puding Buah Nanas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar