Membuat Puisi Ibu yang Singkat


Puisi ibu yang singkat sangatlah menarik untuk dipelajari. Membuatnya tak perlu panjang-panjang agar tujuannya sampai, namun singkat dan jelas tapi mampu mewakili si pembuatnya. Dengan sentuhan kejujuran dan rasa cinta, maka sebuah puisi bermakna akan hadir menjadi bingkisan terindah untuk ibu, karena bagaimanapun ibu merupakan sosok istimewa.

Puisi yang diciptakan sangatlah variatif dan beragam, bergantung pada tujuan si pembuatnya. Dengan begitu, semakin banyak pilihan yang bisa dicontoh, Ibu sebagai salah satu tema yang menarik untuk ditulis dan dibaca, karena puisi juga merupakan bahasa puitis yang membentuk kiasan namun tetap memiliki arti yang mendalam bagi pencipta dan pembacanya.

Inilah ciri-ciri puisi ibu, yaitu bahasa ringan dan simple namun tetap menyisipkan gradiasi kata yang menarik, mengungkapkan rasa cinta dan kekaguman, dengan tokoh utama sosok ibu dan penuh makna, memuat kiasan menarik namun tetap sederhana dan mudah dipahami, mengandung nilai-nilai kebaikan dan mengandung pesan moral.

Biasanya, puisi ini bisa disajikan sebagai kado hadiah ulang tahun, memperingati hari Ibu, sebagai penyemangat, dan lainnya. Puisi ibu merupakan bahasa universal yang mampu mendekatkan anak terhadap Ibu juga menumbuhkan perhatian dan sebagai bentuk kepedulian.

Contoh Puisi Ibu

Dalam membuat puisi, haruslah diperhatikan makna yang terkandung di dalamnnya, juga bahasa yang akan disajikan, karena puisi merupakan karya sastra dengan proses kreatif yang beragam. Salah satu contoh puisi ibu singkat dan sederhana juga terdiri atas beberapa kalimat, yaitu :

Ibu…dalam diammu ada getar cinta

Yang abadi menyibak relung hati

Biarkan dunia tahu..

Aku mencintaimu sekarang dan untuk selamanya

Keutamaan membuat puisi singkat sendiri mampu mengungkapkan perasaan tanpa harus berbicara cukup dengan kata-kata, lebih memiliki nilai seni yang menjual, menghemat kata dan agar tak bosan untuk membacanya, mampu terus mengasah kreativitas dan imajinasi, juga melestarikan jenis puisi agar terus bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Demikianlah contoh puisi ibu yang singkat dapat disajikan. Semoga bisa menjadi referensi untuk mengungkapkan perasaan seorang anak terhadap ibunya. Selain itu, juga bermanfaat untuk  kelangsungan puisi agar bisa tetap dinikmati oleh generasi selanjutnya. Dengan puisi, maka kreativitas dapat terus hidup. Selamat mencoba membuat aneka puisi singkat lainnya.

Selanjutnya : Rahasia Tobi Serial Naruto
Sebelumnya: Bagaimana Cara Menghitung Panjang Diagonal Balok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar