Puisi Karya WS Rendra Kakawin Kawin

Pernahkah Anda mendengar puisi karya WS Rendra kakawin kawin? WS Rendra merupakan salah satu sastrawan yang telah melahirkan berbagai puisi yang sangat menakjubkan. Beliau merupakan salah satu sastrawan terkenal dan memiliki bakat yang sangat luar biasa. Berikut ini akan diulaskan biografi dari WS Rendra dan sekaligus tentang puisinya kekawin kawin.

Biografi WS Rendra

Loading...

Ws Rendra memiliki nama lengkap Willibrordus Surendra Broto, dan lahir pada tanggal 7 November 1935 di kota Solo. Ws Rendra lahir dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah. Sejak kecil Ws Rendra memang sudah memperlihatkan bakatnya di bidang seni.

Hal ini sangat didukung oleh kedua orang tuanya yang juga merupakan seorang seniman. Ayah dari Ws Rendra adalah seorang dramawan dan juga bekerja sebagi guru Bahasa Jawa serta guru Bahasa Indonesia. Sedangkan ibunya adalah seorang penari serimpi. Dengan demikian, bakat seni yang mengalir di dalam tubuh Ws Rendra merupakan darah seni dari kedua orang tuanya.

Mulai dari TK hingga SMA, Ws Rendra bersekolah di Katolik St. Yosef, dan akhirnya kuliah di Universitas Gajah Mada pada fakultas sastra. Sebelum menyelesaikan studinya, Ws Rendra ternyata mendapatkan tawaran beasiswa kuliah di luar negeri pada tahun 1954 yaitu,  kuliah di American Academy of Dramatical Art (AADA). Rendra juga sering mengikuti seminar seni di Harvard University, sehingga pengetahuan tentang seni yang dimiliki oleh WS Rendra semakin luas dan matang.

Ws Rendra telah berhasil menciptakan berbagai macam karya sastra puisi yang diterbitkan di majalah-majalah lokal, selanjutnya WS Rendra menang di berbagai ajang penghargaan seni puisi dan drama. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Ws Rendra sangat bakat dalam membaca puisi dengan penuh penghayatan.

Karya-karyanya memang sangat mengagumkan, termasuk juga karya puisinya. Karya puisinya ternyata tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara lainnya. Puisinya banyak yang diterjemahkan dengan menggunakan berbagai bahasa asing seperti Bahasa Belanda, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa India, dan Bahasa Inggris, sehingga lebih memudahkan penggemarnya untuk menghayati hasil karya tersebut.

WS Rendra kemudian mendirikan bengkel teater di kota Depok dan Yogyakarta pada tahun 1967. Bengkel teater tersebut digunakan untuk menyalurkan bakatnya di bidang seni drama dan puisi. Hingga akhirnya pada usianya yang ke-74 tahun, beliau meninggal dunia karena penyakit  jantung koroner di tahun 2009.

Puisi Kekawin Kawin

Berikut ini terdapat contoh salah satu puisi karya WS Rendra yang berjudul kakawin kawin.

puisi 1

puisi 2

puisi 3

puisi 4

puisi 5

Demikian informasi yang menjelaskan tentang puisi karya WS Rendra kakawin kawin. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan Anda dalam bidang puisi.

Loading...
Selanjutnya : Kasus Permasalahan Perpajakan di Indonesia
Sebelumnya: Sisi Positif dan Negatif Globalisasi terhadap Nilai Budaya Aceh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar