Puisi Keagungan Tuhan di Pagi Hari


Puisi keagungan Tuhan di pagi hari merupakan sebuah puisi yang mengusung tentang keagungan Tuhan yang berupa ciptaannya. Puisi ini memiliki tempat dan penggemar tersendiri. Sebuah karya sastra yang wajib terus dilestarikan dengan baik agar memiliki nilai budaya yang menjual.

Yang terpenting dalam sebuah karya sastra harus mencerminkan keindahan dan penuh makna. Untuk itu, perlu adanya keselarasan antara bait dan kata. Walaupun demikian, puisi modern dibuat tanpa syarat dan bebas berimajinasi.

Ciri khas, yaitu  tentang mentari di pagi hari, tentang kicauan burung, tentang embun dan aroma tanah, tentang  kuncup-kuncup bunga dan daun yang segar, tentang gemercik air, dan tentang aktivitas di pagi hari. Semua itu merupakan ciri khas puisi di pagi hari yang benar-benar terasa lebih segar dan ceria.

Manfaat puisi ini sangatlah berlimpah seperti membuat puisi ini sebagai rasa syukur atas keagungan Tuhan di pagi hari, sebagai wujud kepedulian terhadap berbagai aktivitas pagi hari, sebagai upaya mendekatkan diri dengan sang pencipta, dan sebagai penggambaran bagaimana pagi itu begitu indah dan menarik, serta mampu menuangkan kreativitas juga imajinasi.

Tips singkat untuk membuat puisi yang menggambarkan suasana pagi hari, yaitu kembangkan panca indra untuk melihat dan merasakan suasana sekitar. Pilihlah diksi yang menarik dan sesuai tema yang ingin dibuat. Untuk pemula, buatlah puisi sederhana, simple, dan tak usah panjang-panjang, yang terpenting target tercapai.

Contoh Puisi yang Menggambarkan Suasana Pagi Hari

Inilah salah satu contoh puisi yang menggambarkan suasana pagi hari, secara sederhana dan singkat, karena pagi hari selalu memesona.

Malu-malu mentari menjalar sempurna
Siulan burung kecil hinggap di kuncup bunga
Aroma basah menusuk hidung
Sementara aku dan kamu menyesap kopi yang masih mengepul

Semoga penjabaran singkat mengenai puisi keagungan Tuhan di pagi hari memberikan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan sehari-hari. Karena hal apa pun bisa dikelola menjadi tema puisi yang menarik untuk dibuat dan dibaca. Selain pagi hari, puisi ini bisa disajikan dengan tema siang dan malam hari. Selamat berkreasi membuat beragam puisi.

Selanjutnya : Jenis-jenis Kesenian Tradisional Sunda yang Terkenal
Sebelumnya: Sejarah BRIC dalam Perekonomian Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar