Puisi Keindahan Alam


Puisi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu “poiéo/poió” yang artinya salah satu cabang seni secara tertulis di mana dari segi bahasa yang digunakan haruslah memeperhatikan keindahan sebagai tambahan. Sebelum kita coba untuk membuat tema sebuah puisi keindahan alam, ada baiknya kita mengetahui dahulu puisi itu.

Perbedaan antara puisi dan prosa terletak pada adanya penekanan dengan melihat keindahan suatu bahasa dan adanya pengulangan, meter dan rima. Namun, sebagian ahli modern lebih mendefinisikan puisi sebagai imajinasi manusia yang diwujudkan dalam bentuk tulisan yang indah. Dapat juga puisi merupakan kisah seseorang yang berasal dari lubuk hati yang paling dalam.

Majas biasa kita sisipkan di dalam puisi sehingga keindahan makna di dalam puisi itu semakin mengena di hati kita.

Hal yang perlu mendapatkan perhatian ketika kita akan membaca puisi:

•  Ketepatan ekspresi/mimik yaitu ekspresi merupakan penjiwaan kita terhadap rasa yang bisa timbul dari puisi kita dan mimik adalah raut muka yang nampak oleh orang lain.

•  Kinesik yaitu gerakan anggota tubuh kita misalnya dengan mengepalkan tangan.

•  Kejelasan artikulasi yaitu kemampuan kita untuk bisa mengucapkan baik huruf, kalimat sehingga mudah dicerna oleh orang yang mendengar.

•  Timbre yaitu warna bunyi suara (bawaan) yang sudah kita miliki di mana setiap orang tentunya berbeda-beda.

•  Irama puisi artinya panjang pendek, keras lembut, tinggi rendahnya suara yang kita sampaikan tentunya antara Anda marah dan sedih akan berbeda dari segi irama penyampaiannya..

Intonasi atau lagu suara biasanya mengikuti tema pusi. Di mana terkait intonasi terdapat tiga jenis intonasi, yaitu:

1.  Tekanan dinamik yaitu adanya tekanan suara terutama pada kata-kata yang mempunyai peranan/posisi utama.

2.  Tekanan nada yaitu tekanan tinggi rendahnya suara. Contohnya suara tinggi menggambarkan kemarahan, suara rendah mengungkapkan rasa kesedihan yang mendalam.

3.    Tekanan tempo yaitu cepat lambatnya kita di dalam  mengucapan suku kata atau kata.
Di bawah ini saya coba berikan contoh Puisi mengenai alam, sehingga kita bisa semakin bersyukur atas keindahan alam raya ini:

Kedamaian Laut

Laut yang damai
Indahnya deburan ombak
memecah keheningan
Seakan kehidupan mulai menari

Laut yang membisu
Memberi seribu makna
Sulit terjawab di kesunyiannya
Meski semua terasa haru

Semoga ini bisa menjadi acuan bagi teman-teman yang senang membuat puisi. Misalnya saja Puisi Keindahan Alam, di mana dari segi isi ada baiknya penggunaan majas dan harus tetap memperhatikan estetika dari sebuah karya yang telah kita hasilkan.

Selanjutnya : Menjaga Kesehatan Sel Saraf Motorik Anak Sejak Dini
Sebelumnya: Kreativitas Permainan Warna
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar